Friday, November 20, 2015

So I Married The Anti-fan


Sial sekali nasib Lee Geun Yong. Setelah dirinya tanpa sengaja melihat selebriti terkenal Korea Hu Joon yang memukul gadis di sebuah acara pembukaan klub, ia pun kemudian dipecat dari pekerjaanya sebagai wartawan. Ia pun menyalahkan Hu Joon atas hal itu dan menyatakan diri secara resmi sebagai Anti-fan Hu Joon. Dengan embel-embel Anti Fan yang tersemat pada dirinya, Geun Yong pun memulai aksinya dengan menyebarkan rahasia Hu Joon ke berbagai media.

Awalnya semua tidak berjalan semulus perkiraan Geun Yong. Menjadi satu-satunya Anti-Fan Hu Joon garis keras ternyata sama saja mencari musuh dan mempermalukan diri sendiri. Ia harus menerima hujatan serta perlakuan tak manusiawi dari fans Hu Joon bahkan di cap gila oleh orang-orang sekitarnya. Tapi biarpun begitu, ia tidak punya pilihan lain. Menuntut balas pada selebriti papan atas seperti Hu Joon dengan membuat hidupnya susah sudah menjadi harga mati baginya.

“Jadi, intinya, merayu anti-fan itu supaya menjadi fan kita. Dan kalau itu berhasil, kita lakukan hal yang sama ke anti-fan nomor 2, begitu seterusnya? Lalu sekitar 100 tahun lagi, berarti semua orang di Korea ini berubah menjadi fanku, begitu?” hal. 82

Lalu munculah PD Han dari industri hiburan yang menawarinya untuk bergabung dan menjadi pemeran utama  dalam sebuah program Reality Show yang dinamai So, I Married the Anti-Fan. Reality Show ini memiliki konsep dimana seorang selebriti akan tinggal satu rumah bersama Anti-Fannya untuk jangka waktu yang cukup lama. Harapannya dengan adanya Reality Show ini Anti-Fan dapat mengenal lebih dalam sosok sang selebriti tersebut sehingga pada akhirnya Anti-Fannya itu berbalik menjadi Fan-nya. Awalnya Geun Yong sempat menolak tawaran yang diberikan PD Han tersebut, tapi  setelah mengetahui bahwa Hu Joon yang akan menjadi selebriti yang akan ikut berperan bersamanya, Geun Yong pun langsung setuju. Namun konsep awal dari program ini tinggalah menjadi sebatas konsep bagi Geun Yong. Baginya ini akan menjadi momentum yang paling tepat untuk memperoleh uang dan tempat tinggal sekaligus membongkar semua sifat buruk yang dimiliki Hu Joon ke seluruh dunia. Tapi apakah semua rencana Geun Yong itu akan berhasil? ataukah malah dia sendiri yang jatuh hati pada Hu Joon yang dibencinya itu?

Sebenarnya aku kurang bersimpati pada karakter Geun Yong. Geun Yong disini menurutku bukannya tampil menarik tapi justru terlihat childish dengan berbagai pemikirannya. Seperti misalnya alasan dia melakukan semua aksi balas dendam pada Hu Joon karena permintaan Hu Joon untuk memecatnya dari pekerjaan. Aku kira dalam hal ini Geun Yong kelihatan bersikap impulsif tanpa pernah menilai dirinya sendiri atau mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil kesimpulan. Ia juga kerap kali melakukan berbagai tindakan tanpa pernah memikirkan dampaknya atau bisa jadi merugikan orang lain. Dan masih banyak hal lainnya yang membuat karakter Geun Yong  terasa kurang bagiku.

Namun terlepas dari karakter utama yang kurang mengena di hati ini, konflik yang disajikan ternyata lumayan mencuri perhatian. Konflik seputar kisah Geun Yong dan Hu Joon selama tinggal bersama serta kisah cinta rumit diantara mereka dan terutama juga berkaitan dengan kontrak perbudakan yang menjadi isu pelanggaran HAM dalam dunia hiburan Korea. Konflik-konflik ini terjalin cukup apik dengan eksekusi yang pas serta diiringi berbagai selingan humor segar sehingga membuat kisah yang ditawarkan selalu membuat pembaca penasaran.

Well, novel yang berangkat dari webtoon dan berulang kali repackaged dengan cover berbeda ini memang cukup tebal untuk seukuran novel romance. Apalagi menurutku banyak sekali kata-kata kurang efektif yang sebenarnya bisa dipangkas sehingga dapat mengurangi ketebalan novel ini. Tapi biarpun begitu secara keseluruhan terjemahannya lumayan bagus. Esensi dari novel ini juga dapat.

Selain itu novel ini  sedikit banyak mengingatkanku pada Reality Show We Got Married yang mempertemukan antar dua individu dalam satu rumah. Penulis novel ini juga sempat menyinggung fenomena Reality Show asal negeri gingseng itu di awal pengantar dan terlihat jelas  dia mendapat inspirasi dari program tersebut lalu berusaha mengembangkannya melalui sebentuk kisah seperti ini.

Overall, bagi siapapun penikmat romance terutama yang suka drama Korea, novel ini sangat direkomendasikan. Plus kabarnya novel ini juga akan diadaptasi ke dalam format drama yang baru-baru ini diumumkan untuk diperankan oleh Chanyeol EXO dan Yuan Shanshan. Ya, semoga saja menjadi drama yang semenarik novelnya. Semoga.
=================

Judul : So I Married The Anti-Fan
Penulis : Kim Eun Jeong
Penerjemah: Putu Pramania Adnyana
Penerbit: Haru
Terbit : @2012
ISBN : 978-602-98325-4-9
Tebal : 540 hal

=================

3 comments:

  1. Dapatkan penghasilan tambahan dari website atau blog Anda dengan bergabung dengan Bisnis Afiliasi dari salah satu toko buku online Indonesia.
    Dengan mereferensikan pengunjung website/blog Anda ke Belbuk.com melalui klik pada link afiliasi, dan apabila pengunjung tersebut berbelanja buku di website kami, maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan sebesar 5% dari dari total pembelian. Tidak hanya itu, anda akan mendapatkan komisi secara terus-menerus dalam setiap pembelanjaannya, selama pelanggan tersebut mengakses dari komputer yang menyimpan cookie yang telah mengandung kode afiliasi Anda.

    Bergabung sekarang juga: http://www.belbuk.com/afiliasi

    Terimakasih.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...