Wednesday, August 8, 2012

SeoulMate is You

Kisah Kim Sun  kembali berlanjut di novel kedua, Seoulmate is You. Di novel kedua ini, Sun telah resmi berpacaran dengan Jang yang telah kembali ketubuh manusianya dengan nama Shin Ji Woo. Sun sendiri sangat mencintai Jang. Karena itu belakangan ia terpikir untuk membuka rahasia  pada Jang perihal kemampuan  supranaturalnya dalam melihat hantu hanya demi membuktikan tak ada hal yang ia tutup-tutupi dari Jang. Namun ditengah rencananya untuk mengatakan rahasia itu, soul yang lain bernama Arang datang  mempengaruhinya. Arang menegaskan bahwa tindakanya untuk mengatakan rahasianya pada Jang bukanlah sebuah tindakan yang tepat. Hal tersebut bisa membuatnya di cap gila dan lebih yang parah dari itu, Jang bisa dengan mudah meninggalkannya. 

Sun  yang bimbang karena merasa takut kehilangan Jang akhirnya memilih untuk membungkam rahasia itu dan mengalihkan perhatiannya pada hantu rambut mie yang belakangan sering menganggu kehidupannya. Hantu rambut mie ini semula mengekor Jang setelah kepulangan kekasihnya itu dari ziarah di kuburan Hwang Tae Kwang, salah seorang sahabat Jang. Ia bahkan juga tidak berhenti berteriak meminta Jang untuk memindahkan makamnya karena ia merasa makam yang ia tempati di kuburan dengan nisan bertuliskan Hwang Tae Kwang bukanlah  tempat dimana seharusnya ia berada. Sun yang mendengar persoalan itu mencoba berkomunikasi dengan hantu itu dengan menanyakan siapa dan dimana ia berasal jika ia memang bukan Hwang Tae Kwang. Tapi alih-alih menjawab, hantu itu malah membuatnya kesal dengan tindakan amnesianya.

Sementara itu, di organisasi Seoulmate sendiri, Siwon--pemimpin Seoulmate-- memberitahu Sun bahwa ada sebuah organisasi misterius yang mulai berkembang dan menjadi saingan Seoulmate. Nama organisasi itu Memory Maker, pencipta kenangan. Tak ada informasi akurat yang mampu menjelaskan secara pasti bagaimana organisasi ini bekerja. Yang Siwon tahu hanyalah isu bahwa Memory Maker bekerja dengan mengambil kenangan semasa hidup para hantu. Entah itu secara paksa ataupun sukarela. Dan hal ini pun turut mendorong Sun untuk  menyelidiki sesuatu yang juga berkaitan dengan Memory Maker. Sesuatu yang berhubungan dengan hantu rambut mie dan  kemungkinan bahwa ia adalah salah satu korban yang diambil ingatannya oleh organisasi misterius itu.

Namun, belum lagi penyelidikan Sun selesai, ia kembali harus berhadapan dengan persoalan baru. Persoalan yang datang dari keterdesakan untuk mengatakan rahasia supranaturalnya pada Jang. Bagimanapun juga ia tak ingin lama-lama menyimpan rahasianya sendirian. Jang perlu tahu semuanya. Tapi apakah dengan dengan begitu Sun sudah siap dengan  resiko yang akan dihadapinya? terlebih lagi, apakah akhirnya dengan semua masalah asmaranya itu, Sun juga mampu mengungkap jati diri hantu rambut mie sekaligus organisasi Memory Maker yang semakin meresahkannya?

Seoulmate is You merupakan sekuel kedua dari novel Seoulmate yang rilis awal tahun 2012 lalu. Berbeda dengan pendahulunya, novel ini lebih banyak menceritakan konflik para karakter ketimbang masalah dari organisasi  Seoulmate. Hal ini mungkin disebabkan karena seluk beluk organisasi Seoulmate berikut cara kerjanya sudah dibahas tuntas sebelumnya sehingga di novel kedua ini sudah tidak lagi menjadi fokus utama cerita. Namun bagi yang hanya membaca novel kedua saja tak perlu takut tidak mengerti mengenai Seoulmate karena di novel kedua ini ada pemamparan sekilas mengenai Seoulmate sehingga meski tidak membaca yang pertama novel ini masih  tetap bisa dinikmati.

Nah, beralih ke hal-hal yang aku sukai di novel ini. Yang pertama adalah  karakter didalamnya. Salah satunya adalah Kim Sun. Disini aku kembali  menjadikan karakter Sun  sebagai primadona sama seperti sebelumnya. Hal ini tak lain karena sifatnya yang tempramental,cuek, dan serba tak tertebak. Ia juga tipikal yang sangat setia kawan dan selalu ingin menjadi diri sendiri meski lingkungan selalu memaksanya menjadi orang lain. Karena itulah aku beranggapan dengan adanya sifat-sifat ini  menjadikan Sun tampil sebagai heroine yang istimewa  dan berbeda dari karakter fiksi perempuan kebanyakan.

Yang kedua sekaligus yang terakhir ada pada gaya bercerita Lia, penulis dari novel ini. Sejujurnya, aku tidak tahu bagaimana gaya bercerita Lia sebelum kemunculan Seoulmate --karena berhubung aku baru membaca karya Lia dari semenjak munculnya Seoulmate--tapi yang jelas dari tiga novelnya yang aku baca aku jadi berkesimpulan bahwa gaya bercerita Lia  tergolong unik. Keunikan itu terlihat jelas dari bahasanya yang mengacu pada rasa dari sebuah novel terjemahan. Ditambah lagi, keahlian Lia dalam menuangkan secara terperinci tentang  budaya Korea berikut kosa katanya yang cukup luas membuatku tak ayal berpikir kalau saja Lia merubah namanya menjadi lebih Korea di novelnya, aku akan bisa salah  mengira bahwa novel ini adalah novel terjemahan dan yang menulis ini adalah orang Korea asli. hehehe

Overall,meskipun ada beberapa hal yang tak terjelaskan dengan baik seperti detail kisah cinta Siwon dengan Shin Yu Ri ,masalah tertinggal Arang--kenapa dia tidak diberi kesempatan untuk mencoba menyelesaikan masalah tertinggalnya seperti hantu-hantu lain?,serta kemisteriusan dari perjanjian Siwon dengan Memory Maker, tapi itu semua sedikit tertutup dengan banyaknya kelebihan novel ini dari segi cover anime chibi yang eye catching , konflik, emosional karakter, dan konsistensi alur.
So, bagi siapapun ingin merasakan K-drama dalam format novel ataupun yang menginginkan kisah cinta yang lain dari biasanya, novel ini sangat direkomendasikan untukmu.

"Manusia itu beruntung. Kehidupan itu anugerah  terbaik yang pernah ada. Hidup cuma sekali. manfaatkan sebaik-baiknya."[hal 137] ~ Arang
=================

Judul : Seoulmate is You
Penulis : Lian Indra Andriana
Penerbit: Haru
Terbit : @2012
ISBN :  978-602-98325-5-6
Tebal : 320 hal
Rating: 4/5

=================

Baca juga:
1. SeoulMate
2. SeoulMate is You

1 comment:

  1. Dari dulu Lia Indra Andriana emang punya gaya bahasa novel terjemahan :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...