Saturday, July 7, 2012

Shadow Light


Kisah dimulai dari perseteruan antara Lee Shin seorang CEO muda sebuah perusahaan media cetak sekaligus detektif profesional yang dijuluki Light dengan Joong yang berjulukan Shadow, sang pembunuh bayaran yang terkait dengan organisasi berbahaya Death Hand. Perseteruan yang dimulai sejak sepuluh tahun yang lalu  antara dirinya dan Shadow itu membuat Lee Shin memiliki ambisi kuat untuk memburu Shadow,mengalahkan, dan menjebloskannya ke  dalam penjara. Tapi ternyata hal itu tak pernah berhasil ia lakukan. Ia pun harus mengakui , Shadow  bukan pembunuh bayaran biasa. laki-laki itu terlalu pintar... juga cerdik.

Setelah bertahun tahun, tak ada kabar mengenai keberadaan Shadow. Lee Shin pun terpaksa  mulai mengabaikan ambisinya dan lebih fokus mengurusi masalah internal perusahaan media cetak seperti keinginan ayahnya. Apalagi  setelah pengeluaran dirinya dari tugas lapangan di ISM akibat cedera yang dideritanya membuat Lee harus benar-benar berhenti menjabat status sebagai detektif Light.

Tapi siapa sangka, sebuah peristiwa pembunuhan di  acara pembukaan olah raga air Beach Games membuat Lee Shin kembali melibatkan diri dalam dunia kriminal. Ia tertarik dengan kasus pembunuhan tersebut hingga akhirnya rentetan kejadian lain pun semakin membawanya ke dalam peristiwa-peristiwa pembunuhan lainnya.

Sebut saja peristiwa pembunuhan seorang pemilik majalah pria yang terlibat skandal dengan mantan pacar Lee. Di dalam penelusuran kasus tersebut ia bertemu dengan Agni, gadis misterius yang menjadi gerbang bagi Lee mengetahui seluk beluk organisasi Death hand, organisiasi yang juga memiliki kaitan dengan keberadaan Shadow. Lee Shin pun tertarik. Dengan pesona playboynya, ia mencoba memanfaatkan Agni untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin. Tapi justru dalam rentang waktu pendekataanya itu ia malah jatuh hati pada Agni. 

Agni sendiri adalah gadis misterius yang juga melibatkan diri dalam organisasi Death Hand sebagai pembunuh bayaran. Ia pernah beberapa kali terlibat dalam berbagai kasus pembunuhan orang-orang penting. Tapi ternyata Agni memiliki satu rahasia yang sangat mengejutkan, ia adalah kekasih Shadow, musuh abadi Lee Shin. Karena suatu sebab Agni terpisah dari Shadow dan hidup sendiri dengan berpindah-pindah. Ia juga diikuti oleh salah satu tangan kanan ketua Death Hand yang berinisial Fox. Sejak dulu Fox begitu mencintai Agni tapi sebaliknya Agni malah sangat membencinya dan berkeyakinan akan terus menutup hatinya pada siapapun dan sampai kapanpun.

Keyakinan Agni itu akhirnya luluh setelah ia bertemu Lee Shin dalam suatu kasus. Lee Shin yang baik hati mengingatkannya pada sosok Shadow yang ia cintai. Ia pun tertarik untuk menjalin hubungan. Namun biar begitu Agni tak mau gegabah.  Death Hand adalah organisasi yang berbahaya dan seharusnya Lee Shin tak perlu berurusan lebih jauh dengan kelompoknya itu. Terlalu banyak kemungkinan Lee Shin akan kehilangan nyawanya sendiri di tangan Death Hand. Dan ia sama sekali tidak menginginkan  hal itu terjadi.

Tapi berbeda dengan Agni, Lee Shin tidak peduli meski tahu Agni ada kaitannya dengan Death Hand. Ia merasa berkewajiban untuk melindungi gadis itu walaupun harus mengorbankan diri di tangan Death Hand. Bagaimanapun juga ia sudah terlanjur terperangkap dan tak bisa lepas dari sosok Agni.

Namun sayang, hubungan Agni dan Lee Shin tidak bertahan lama setelahnya. Kenyataan pahit dari rahasia yang mereka bawa di masa lalu terbongkar  ke permukaan dan membuat hubungan mereka berdua terputus. Baik Lee Shin maupun Agni  terpaksa berlapang dada menerima kenyataan dari rahasia-rahasia pahit itu. Kenyataan yang sebenarnya berkaitan dengan kehidupan Shadow dan bagaimana akhirnya ia menghilang tanpa jejak dalam kehidupan orang-orang yang pernah dikenal dan mengenalnya.

Oke setelah sempat membaca My Lovely Gangster yang menjadi novel kedua Putu Felisia tahun lalu, kini aku baru sempat membaca novel pertamanya ini. Sebenarnya kalau bisa dibilang konsepnya tak berbeda jauh dengan My Lovely Gangster karena sama-sama mengangkat aroma suspense. Tapi di novel yang satu ini sedikit berbeda dengan novel keduanya. Kenapa?

Yang pertama adalah  adegan perkelahian yang ditawarkan disini jauh lebih banyak dibandingkan My Lovely Gangster. Putu sepertinya sangat tepat mengambil keputusan dalam menempatkan perbandingan 1:2 untuk unsur romance dan action nya karena toh terbukti formula itu cukup ampuh menghidupkan kisah di dalamnya dan membuatku semakin bersemangat membaca dan bergumam senang" Ya, seperti inilah seharusnya!" " good job, Putu Felisia!"

Dan yang kedua pada pemaparan konflik didalamnya. Sangat bagus memang bagaimana Putu Felisia meramu konflik demi konflik dengan memaparkannya seperti benang kusut. Putu seperti sengaja membuat pembaca penasaran dan membuka ruang bagi pembaca untuk berpikir dan menebak-nebak apa yang terjadi selanjutnya melalui berbagai potongan-potongan peristiwa. Tapi sayangnya, karena mungkin terlalu banyak potongan peristiwa dan karakter yang disajikan menyebabkan tak semuanya bisa terjelaskan dengan baik sehingga berbagai pertanyaan pun akhirnya bermunculan. Seperti, dimana Shadow sebenarnya? bagaimana Graciela st Claire terbunuh?kenapa Taejo Yamada begitu ingin membunuh Agni? lalu siapa sebenarnya Ren Raizo itu? dan banyak lagi segudang pertanyaan yang masih menggantung dibenakku. 

Demi menjawab itu semua aku mencoba mencari tahu apakah Putu Felisia berencana membuat sekuel lanjutan kedepannya. Dan ternyata sampai saat ini aku tidak mendengar kabar pasti apakah Putu Felisia akan melakukan hal itu demi menuntaskan pertanyaan dan keadaan cliffhanger yang sengaja diciptakannya ,atau kah hanya berhenti sampai di novel ini saja?. Tapi kalau bisa, aku benar-benar sangat berharap ada sekuelnya dan membuat rasa penasaranku terobati. Ya,semoga saja.
=================

Judul : Shadow Light
Penulis : Putu Felisia
Penerbit: Gradien Mediatama
Terbit : @2011
ISBN :  978-602-208-013-8
Tebal : 280 hal
Rating: 3/5

=================

Update (8/06):Putu Felisia akhirnya benar-benar membuat sekuel novel Shadow Light lho. Yeaaayy. Dia juga memberi penjelasan singkat mengenai pertanyaan yang mungkin kalian juga ingin tanyakan dan sneak peak untuk buku ke dua disini

3 comments:

  1. Replies
    1. hehehe sepertinya belum ada mas Helvry. Semoga saja ada produser yang berminat mengadaptasi novel ini ke film. :)

      Delete
  2. Jujur, ini termasuk salah satu dari novel yg terbaik yg pernah kubaca.
    Kalau udah ada lanjutannya, kasih tau ya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...