Wednesday, January 4, 2012

Area X : Hymne Angkasa Raya


Masih ingatkah kita pada fenomena crop circle yang terjadi di wilayah Indonesia beberapa waktu yang lalu? Fenomena itu sempat menjadi perbincangan hangat di tengah-tengah masyarakat. Memang banyak alasan yang dikemukakan mengenai asal usul terbentuknya fenomena ajaib itu. Ada yang mengatakan bahwa itu adalah campur tangan manusia usil, perkerjaan makhluk halus, hingga dampak dari adanya pendaratan UFO. Glek! UFO? UFO sendiri adalah singkatan dari Unidentified Flying Object yang artinya benda terbang tak dikenal (BETA). Istilah UFO kemudian lebih dikenal secara umum sebagai piring terbang oleh Kenneth Renold pada 24 Juni 1947 ketika penampakan benda ini terjadi di akhir perang dunia II. Penampakan piring terbang lainnya sekaligus yang paling kontroversial mungkin adalah pada peristiwa di Roswell, New Mexico. Pada peristiwa ini, Mayor Marcel yang tengah bertugas menemukan bangkai  piring terbang dan tubuh-tubuh homanoid seukuran satu koma tiga meter yang sayangnya ia anggap telah sengaja dihilangkan jejaknya secara rahasia oleh pasukan militer setempat.
gbr: disini
Lalu sebenarnya apakah UFO itu benar-benar ada?

Sulit memang untuk menjawabnya karena para peneliti dunia sampai saat ini masih mengkaji bab tentang keberadaan makhluk lain selain manusia di alam raya ini. Namun  terlepas dari itu semua novel area X (area sepuluh) karya Eliza V. Handayani ini  setidaknya akan menuntaskan setitik dahaga keingintahuan masayarakat Indonesia dengan menyajikan topik UFO dalam sebuah bingkai cerita dengan setting waktu Indonesia di masa depan.

Novel setebal 368 halaman ini bercerita tentang keadaan Indonesia pada abad 21 tepatnya pada tahun 2015. Digambarkan pada saat itu, dunia sedang dihadapkan pada masalah krisis energi, sehingga setiap negara berupaya menemukan energi alternatif lainnya. Tidak terkecuali Indonesia. Pada masa itu Indonesia yang digambarkan berkembang pesat terutama dalam bidang IPTEK mencoba berbagai cara untuk mencari solusi energi alternatif untuk bangsa. Salah satunya adalah pendirian pusat penelitian IPTEK mutakhir, yang berjumlah 10 area. Tiap-tiap area tersebut memiliki fungsinya masing-masing, dan yang akan banyak dibicarakan dalam novel ini adalah area X .

Oleh karena area X disebut-sebut banyak menyimpan misteri sekaligus adanya  kabar bahwa di tempat itu sedang diadakan penelitian berbahaya dan illegal, orang-orang menjadi semakin penasaran. Begitupun halnya Yudho, mahasiswa jurusan ilmu komputer. Ia merasa tertantang untuk menyelinap ke area X hanya untuk mencari tahu apa yang sebenarnya yang dilakukan para peneliti di area X.Yudho pun berhasil masuk ke dalam area tersebut bersama temannya, Rocky. Ternyata keberadaan mereka diketahui penjaga sehingga mau tidak mau mereka mencoba untuk keluar dari area itu. Sayangnya,hanya Yudholah dapat meloloskan diri dari tempat itu, tetapi Rocky malah terjebak didalamnya.Sewaktu Yudho sedang mencari bantuan untuk menyelamatkan Rocky, keesokan harinya terdengar kabar bahwa Rocky  telah meninggal dunia. Yudho pun terpaksa membayar mahal atas kematian Rocky melalui pandangan sinis keluarga Rocky maupun pengucilan dirinya oleh pacar dan teman-teman sekitarnya.
insiden di Roswell
gbr: disini

Di sisi lain ada kejadian aneh yang menimpa keluarga Ibu Aini. Kali ini kecelakaan menimpa Ibu Aini dan juga putrinya saat mereka melewati jalan pulang yang dekat dengan area X. dalam perjalanan mereka melihat cahaya terbang yang berbentuk pipih dan oval seperti cakram. Ketika benda  tersebut melayang mendekat, radio yang sedang didengarnya berkerisik tak beraturan dan tiba-tiba mesin mobil mendadak mati. Yang lebih anehnya lagi, mereka mengalami luka memerah sesudah kejadian itu. Kasus ini membuat Elena Valeri, yang lebih akrab dipanggil Elly seorang mahasiswa jurusan Astrofisika yang bergabung dalam penelitian ufologi semakin  penasaran.

Rasa penasaran tersebut terus mendesak Elly untuk terus mencari kebenaran mengenai area X. Elly pun akhirnya bertemu dengan Yudho di Hadeslan, kota satelit yang mengelilingi kota Jakarta. Mereka  berdua memutuskan untuk saling berkerjasama demi mengungkapkan misteri area X dan kebenaran adanya eksperimen berbahaya mengenai anti gravitasi dan energi zero point yang diambil dari mesin UFO yang benar-benar jatuh di wilayah Indonesia enam puluh empat tahun silam.

Sejujurnya ini kali kedua aku membaca novel fiksi ilmiah Indonesia setelah Unfinished Journalnya Fauzi Maulana Hakim. Pertama kali aku mengetahui novel ini seratus persen dari hasil browsing disana sini. Banyak yang mengatakan bahwa novel ini sebagus 'kawan karibnya' Alpha Veta. Aku sendiri belum baca keduanya saat itu, tapi mendengar banyak komentar antusias pembaca, aku langsung memasukkannya dalam daftar bacaanku. Oh tuhan. susah sekali mencari novel ini di toko buku. Bagaimana tidak, novel ini terbit tahun 2003 lalu! sudah hampir sembilan tahun lamanya. Tapi alhamdullilah akhirnya dapat juga dengan perjuangan tanpa kenal lelah (*lebay) :)

Dilihat dari konsep cerita yang diusung area X,novel ini menunjukan kualitas cerita yang benar-benar baru dan menurutku sangat spektakuler. Kenapa? karena selain UFO merupakan hal baru yang belum pernah di bahas dalam sastra Indonesia (sepanjang pengetahuanku), novel ini memberi ruang visualisasi yang menakjubkan bagi pembaca seperti layaknya film action Hollywood. Tidak berlebihan, sungguh. Aku juga tidak menyangka bahwa novel ini tidak main-main dalam riset pengolahan ceritanya. Bayangkan saja Eliza yang  merupakan pelajar kelas dua SMU ketika pertama kali ia menulis novel  ini, harus berurusan dengan 33 jurnal ilmiah luar negeri dari berbagai disiplin ilmu tidak lain demi menghasilkan sebuah cerita yang konkret dan dapat ia pertanggungjawabkan isinya pada banyak orang. Patut di apresiasi, bukan?

"Berpeganglah selalu pada diri sendiri. Tapi akan selalu ada, meskipun sedikit,meskipun tiada kau rasakan,orang-orang yang selalu berpikir sepertimu,yang bisa memahamimu,dan bisa menyayangimu. Tak seorang pun benar-benar sebatang kara.  
Kita tidak pernah benar-benar sendirian..." (hal 354)

=================

Judul :Area X : Hymne Angkasa Raya
Penulis : Eliza Vitri Handayani
Penerbit: Dar! Mizan
Terbit : @2003
ISBN :979-3391-74-X
Tebal : 368 hal

=================

14 comments:

  1. wow, aku inget banget ini buku fiksi fantasi pertama yang aku baca sebelum akhirnya memutuskan berkata "Ini gue banget".. (eh tapi bukan ET lho maksudnya) :p

    ReplyDelete
  2. wahh.. buku ini udah lama banget aku baca. rasa2nya juga termasuk buku2 science fiction atau fantasi pertama yang aku baca. tapi, yang juga aku inget, buku ini keren

    ReplyDelete
  3. Wah, wah, sci-fi yaaa sci-fi lokal, kyaaa keren~

    ReplyDelete
  4. @orybun: sama mbak,ini emang 'gue banget'hehehe
    @ferina: iya buku ini terbitnya udah lamaaaa sekali..(susah-susah mencarinya)padahal buku ini lumayan keren,kok gak di cetak ulang ya??
    @Okeyzz:ayo coba baca mbak :)
    @Lintas Koran: yup,thanks dah mampir yaa.

    ReplyDelete
  5. Nanti aku coba cari bukunya yaa :D

    ReplyDelete
  6. aku juga susah nemu buku ini.
    sekali nemu ada di perpustakaan daerah dan sampe skrg baru baca nyampe bab 1 doang. -,-
    *curcol*

    ReplyDelete
  7. Menurutku buku ini bagus banget..
    Jarang ada buku fiksi yang selain menarik sebagai hiburan juga menuntut kita untuk berpikir secara ilmiah. Selain itu, secara logika, rangkaian cerita ini bisa juga terjadi di masa depan.
    Jujur aja aku yang sebelumnya agak kurang tertarik sama hal-hal berbau UFO, setelah membaca buku ini jadi lebih tertarik, bahkan sangat tertarik sampai akhirnya iseng-iseng browsing di internet, hhe..Dan yang membuat saya tercengang, ternyata sebagian besar itu ada di dunia nyata.
    Recommended deh :)

    ReplyDelete
  8. 2003 saya berada di mana ya? Kok gak tahu soal novel ini? Sepertinya menarik. Cari ah! :-)

    ReplyDelete
  9. Oh my God. This book, I've been searching for whole time. I email you, please read. :)

    ReplyDelete
  10. buku ini tuh bener-bener good buangeeett..awal bacanya langsung penasaran sampai nyari ksini dech..makasih ya buat penulis ini ;)

    ReplyDelete
  11. Aku belum sempat tuntas baca ni buku, tapi akan. Cerdas BGT dan berani. Salut dengan penulis kayak gini.... Dia bisa masuk dalam daftar agen pemberantas rasa pesimis dalam mengolah ide bagi calon penulis dan penulis Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Fyi, eliza handayani akan ngeluarin novel baru lg loh! Stlh hampir 9tahun! Silakan cek di : http://www.goodreads.com/event/show/918505-launching-mulai-saat-ini-segalanya-akan-berubah-a-new-novel-by-eliza-vi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonymous: thanks untuk infonya yaa. Ditunggu novel Eliza selanjutnya!! :))

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...