Sunday, November 6, 2011

Alvin Ho #2: Alergi Terhadap Berkemah,Hiking,dan Aneka Bencana Alam

Kalau kamu sudah membaca novel sebelumnya, Alvin Ho :Alergi Pada Anak Perempuan, Sekolah, dan Hal-Hal Seram Lainnya  pasti kamu sudah bisa mengetahui sedikit banyak tentang Alvin Ho. Tapi, mungkin kamu sudah lupa. Karena itulah sekuel kedua ini hadir untuk mengingatkanmu kembali pada si bocah kecil yang penakut ini.

Namanya Alvin Ho

Punya kakak laki-laki yang bisa diandalkan (Calvin) dan adik perempuan yang menyebalkan (Anibelly)

Tinggal di Massachussetts yang sulit dieja

Cita-cita sejati menjadi Firecracker Man

Takut pada banyak hal  meliputi:
 * Kata-kata panjang (Hippopotomonstrosesquipedaliophobia)
 * Tanda baca
 * Anak perempuan
 * Kegelapan (Nyctophobia)
 * takut ketinggian
 * Sekolah
 * Hal-hal seram
 * dll (yang bila disebutkan satu persatu pasti akan membuat daftar yang sangaaaat panjaaaang)

Musim gugur kali ini, Alvin Ho ternyata mendapat tantangan besar dari sang ayah yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya. BERKEMAH. Oh tidak--tidak--jangan berkemah. Ia belum pernah berkemah, namun hanya membayangkan berada di alam terbuka dengan bencana yang bisa datang setiap saat membuat ketakutannya bertambah. Ia mencoba membujuk ayahnya untuk membatalkan niat bekemah selama dua hari itu, tapi sayangnya sia-sia saja. Dengan tambahan Anibelly yang ikut  menemaninya dalam acara kemah ini  sayangnya  tidak sedikit pun membuat ketakutan Alvin berkurang.

Beberapa hari menjelang berkemah, Alvin Ho tidak dapat tidur nyenyak. Ia masih dibayang-bayangi ketakutan pada tornado,badai,tanah longsor dan hal-hal buruk lainnya yang bisa terjadi selama ia berkemah nanti. Ia pun tak kuasa menulis surat wasiat untuk berjaga-jaga untuk kemungkinan terburuk itu. hahaha



Disamping itu, Alvin pun juga menceritakan perihal ketakutannya itu pada Calvin, kakaknya. Calvin yang punya segudang ide pun akhirnya mengajaknya untuk membeli barang-barang ajaib yang akan berguna untuk Alvin dengan kartu kredit sang ayah. Pesanan mereka pun akhirnya tiba keesokan harinya: generator portabel, GPS, masker pernapasan N95, tablet pemurni air, makanan ringan penambah energi,dan terakhir, kacamata night-vision untuk melihat dalam kegelapan

Hari berkemah pun tiba. Ayah, Anibelly, dan Alvin Ho pun akhirnya pergi ke pegunungan. Dengan barang-barang ajaib yang dipesan Calvin serta beberapa trik-trik rahasia bertahan hidup dari Paman Dennis (S-U-R-V-I-V-A-L),  Alvin Ho merasa cukup siap untuk berkemah dibanding sebelumnya. Disana ia juga bertemu dengan Beaufeuillet yang akhirnya menjadi teman berkemah Alvin  dan bersamanya pula Alvin memiliki kesempatan untuk memasang jebakan-jebakan penangkap  musuh serta melakukan petualangan fantastis di alam liar.

Harus diakui aku sangat tertarik dan menunggu dengan setia pada kisah-kisah Alvin Ho selanjutnya hanya karena keunikan tokoh utama novel ini. Karakter  penakut yang menjadi ciri khas Alvin  dan bagaimana pola pikirnya terhadap segala hal kerapkali membuatku gemas dalam hati sambil berkata “Ayolah, kenapa sih harus takut?”, tapi dilain hal karena karakter ini pula yang membuat kisah Alvin terbilang unik dan lebih hidup.

Kisah Alvin Ho pun juga tergolong ringan dan sederhana. Sangat cocok untuk segala umur yang menyukai genre drama anak-anak atau hanya sekedar bacaan selingan (seperti yang aku lakukan). :D

Wohooo..tidak sabar menunggu sekuel ketiga, Alvin Ho : Alergi  Terhadap Pesta Ulang tahun, Proyek Ilmiah, dan Aneka Bencana Buatan Manusia.

=================

Judul : Alvin Ho: Alergi Terhadap Berkemah, Hiking Dan Aneka Bencana Alam
Penulis :Lenore Look
Penerjemah:Ferry Halim
Penerbit: Atria
Terbit : @2011
ISBN : 978-979-024-470-2
Tebal : 202 hal

=================

Baca juga:
1. Alvin Ho: Alergi Pada Anak Perempuan, Sekolah, dan Hal-Hal Seram Lainnya
2. Alvin Ho #2: Alergi Terhadap Berkemah, Hiking,dan Aneka Bencana Alam

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...