Tuesday, June 28, 2011

Situs-Situs Buku Favorit

Situs forum diskusi semacam kaskus saat ini sudah menjamur, disusul dengan situs semacam facebook danTwitter serta sejenisnya yang juga sudah makin banyak. Lalu dimana letak situs untuk pencinta buku? tenang aja, ternyata banyak juga lho situs-situs buku di dunia maya yang kreatif dan menginspirasi. Berikut ini ada empat situs buku layak direkomendasikan bagi para pencinta buku:

1. Goodreads
Situs jejaring sosial yang mengkhususkan pada katalogisasi buku ini didirikan oleh Otis Chandler,seorang insinyur software dan manager produk di Tickle.com. Sama seperti situs jejaring sosial yang lain,situs ini menampilkan konten friend,group,maupun discussion. Bedanya,anggota Goodreads dapat menampilkan buku dalam berbagai kategori seperti: sudah dibaca (read),buku yang sudah dibaca (currently reading),dan akan dibaca (to read).Dalam situs ini, pengguna dapat saling berbagi rekomendasi buku bacaan dengan memberikan review maupun komentar. Saat ini situs ini telah mencapai lima jutaan anggota dengan 160 juta buku yang telah masuk katalog Goodreads.
Sumber:http://www.goodreads.com/
              http://wikipedia.org/
2. Indonesia Buku

Indonesia Buku didirikan pada 23 April 2006 di Yogyakarta oleh Taufik Rahzen, Galam Zulkifli, Dipo Andy Muttaqien, Eddy Susanto, dan Muhidin M Dahlan.Awalnya merupakan sayap literasi dari Gelaran Budaya, sebuah bale budaya dan sekaligus galeri seni yang didirikan pada akhir 1999. Maksud pendirian organ ini adalah untuk merekam peristiwa perbukuan di Indonesia. Ditujukan untuk merespons dan memberi catatan-catatan penting tentang pergulatan manusia dan buku atau buku dengan buku.
Sumber: http://www.indonesiakreatif.net.
3. The Book Cover Archive
Cover atau sampul adalah bagian terpenting dalam aset sebuah buku. Dalam dunia perbukuan sampul ini juga patut diperhitungkan karena tidak hanya menambah estetika buku tapi juga minat pembaca untuk memilikinya. Situs buku The Books Cover Archive yang diciptakan Eric Jacobsen dan Ben Pieratti ini hadir untuk mengarsipkan sampul-sampul buku, menginspirasi para ilustrator dan juga menyampaikan kepada para pembaca agar lebih menghargai usaha mereka menciptakan sampul-sampul tersebut sebagai sebuah karya seni.
Sumber: http://appappeal.com
4. Pinjambuku
Coba bayangkan berapa banyak ruang yang kita habiskan untuk menyimpan koleksi buku kita? Kenapa tidak “menitipkannya” kepada orang lain yang dalam hal ini meminjamnya dari kita. Dua manfaat didapat, orang bisa membaca buku kita dan kita tidak menghabiskan ruang untuk menyimpan fisik buku. Begitulah tujuan utama dari situs pinjam buku yang didirikan oleh para blogger ini.
Harapan besar para penggagasnya  tidak lain adalah  menyediakan sebuah perpustakaan besar tak berbatas ruang yang bisa dimiliki  bersama . Hanya bermodal satu buku, semua sudah bisa mencari beragam buku. Kita tinggal cari buku yang kita inginkan dan dekat dengan lokasi kita. Mudah dan bermanfaat untuk semua!
Sumber: http://duniaperpustakaan.com
               http://dblogger.blogdetik.com


Bagaimana menurutmu?

9 comments:

  1. eh gara-gara baca postingan ini, aku jadi tau deh ada situs2 seperti pinjam buku itu :)
    thanks reviewnya

    ReplyDelete
  2. Nambahin lagi...untuk cari review buku: blog agregatornya BBI: http://blogbukuindonesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Infobagusss! Thanks...

    terutama yang terakhir "pinjam buku..."

    ReplyDelete
  4. wah keren :)
    itu bukunya ebook atau bukan?

    ReplyDelete
  5. langsung cek tkp deehhh.. thanks infonya mbak :)

    ReplyDelete
  6. jadi tau bnayak situs buku yang bagus ..makaasih ya,,:)

    ReplyDelete
  7. baru tahu ternyata selain Goodreads juga ada ^^ tapi kok kayaknya masih nyaman di Goodreads ya? :))

    ReplyDelete
  8. saya tertarik sama situs yang no. 4... ke TKP dulu ah! :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...