Friday, March 11, 2011

SeoulMate

Terjebak dalam keinginan untuk bertemu dengan seseorang yang telah lama ditunggu, memaksa Kim Sun,gadis Korea bertempramen tinggi itu, untuk bergabung dalam sebuah organisasi penyalur hantu yang bernama SeoulMate. Kemampuannya untuk melihat hantu  merupakan potensi dasar yang dicari organisasi itu untuk merekrutnya sebagai Mate. Tugas yang diberikannya pun tidak main-main; menjaga soul, hantu yang terjebak di bumi dan bersama-sama melaksanakan semua proposal dari para klien SeoulMate.

Tidak disangka, Kim Sun ditugaskan menjaga Soul baru yang amnesia. Hubungannya dengan hantu yang akhirnya diberi nama Jang itu, mulanya diawali dengan pertengkaran-pertengkaran kecil yang kebanyakan dipicu oleh sikap tempramen Kim Sun. Namun, semenjak proposal pertamanya bersama Jang dan tantangan yang ia dapatkan dalam proses pelaksanaan itu, membuat dirinya semakin lama semakin menyukai pekerjaannya sebagai Mate. 

Hari-harinya sebagai Mate dengan Soul amnesia yang memiliki sifat sangat polos tanpa disadari telah membuat Kim Sun merasakan perasaan yang aneh. Hal itu ditambah dengan perasaan cemburu yang tiba-tiba menyergapnya manakala Arang, si hantu cantik berpakaian hanbok terus terang mengejar-ngejar Jang dan ikut membantu Jang menemukan asal-usulnya. Perasaan tersingkirkan dan tidak berguna saat melihat kedekatan Jang dan Arang membuat Kim Sun selalu meluapkan emosinya tanpa kontrol pada siapapun tanpa mau memberi penjelasan. Sebaliknya Jang pun, dengan sikap polosnya hanya menanggapinya dengan bingung dan tetap tidak cukup mengerti untuk paham perasaan sensitif Kim Sun terhadap dirinya.

Kebingungan pada hubungan aneh antara Soul dan Mate itu akhirnya terjawab. Letupan asmara dalam diri Jang mulai muncul seiring sikap agresif Kim Sun yang mulai berusaha menandingi keagresifan Arang. Kim Sun menjadi semakin terbuka dalam menunjukan rasa suka kepada Jang meskipun mereka berdua masing-masing menyadari keanehan dalam hubungan cinta abnormal hantu-manusia yang tercipta diantara mereka berdua. Tapi, keanehan itu langsung hilang seketika setelah keduanya mengungkapkan perasaan terdalam masing-masing di Pulau Namy, salah satu pulau romantis di Korea, dan berusaha mejalani hubungan mereka kedepannya layaknya manusia tanpa memikirkan semua keanehan itu.

Masalah besar pun muncul di kemudian hari ketika Jang mengetahui asal-usulnya yang sebenarnya dengan dibantu oleh Arang. Disamping itu, Kim Sun yang semula telah mengetahui identitas Jang yang asli yaitu Shin Ji Woo, tidak berani memberitahu Jang dengan alasan kehilangan yang akan ia dapatkan setelah Jang mengetahui siapa dan dimana seharusnya ia berada. Sedangkan Jang, yang mengetahui kenyataan itu, mencoba membujuk Kim Sun untuk mengatakan terus terang  apapun yang ingin gadis itu katakan. Tapi, nyatanya pernyataan Arang suatu hari malah berbuntut kesalahpahaman diantara Kim Sun dan Jang. Kim Sun yang terbawa emosi menyuruh Jang keluar dan segera menjauh dari kehidupannya. Lalu, apakah Jang mengikuti permintaan Sun dan kembali ke tubuhnya yang sebenarnya tengah koma? tapi apakah dengan begitu Kim Sun siap menerima semua kehilangan itu?

Lia Indra Andriana, penulis novel ini adalah seorang dokter gigi yang menekuni hobinya menulis sampai saat ini. Di debut novel kesebelas sekaligus novel ketiga bersetting Korea ini, tampaknya semua hal telah dipersiapkan secara detail oleh penulis baik dalam proses pengerjaannya, dicetak dengan penerbitan sendiri, ada trailer dan OSTnya,serta ilustrasi menawan yang disuguhkan melalui balutan sampul berjenis linen yang elegan. Aku secara pribadi,sangat menyukai setiap inci keindahan novel ini dan menurutku semua proses panjang yang dilakukan penulis untuk menghasilkan novel yang terbaik telah membuahkan hasil yang memuaskan. Keren!!!!

SeoulMate yang faktanya diinspirasi penulis dari sosok Jang Geun Seok dalam peran He's Beautiful dan kisah hantu The Mediatornya Meg Cabot merupakan kombinasi yang menurutku apik dan seru. kisah ini menurutku juga berhasil menampilkan secara gamblang kisah cinta abnormal Kim Sun dan Jang yang unik dan menggelitik hingga akhir. Sangat di rekomendasikan buat kamu si penyuka fiksi romantis plus komedi dan yang juga pengen tahu seluk beluk kebudayaan Korea. Novel ini cukup komplit deh. Hehehe

"Hujan...untuk mengingatmu. Aku perlu sesuatu untuk mengingatmu. Setiap ada hujan, aku akan mengingatmu,karena kamu benci hujan. Dan kamu ditengah kebencianmu,kamu akan mengingatku." [hal 91] ~Jang












=================

Judul : SeoulMate
Penulis : Lia Indra Andriana
Penerbit : Haru
Terbit : @2011
ISBN : 978-602-98325-0-1
Tebal :300 hal

=================

Hanbok: pakaian tradisional Korea



Baca juga :
1. SeoulMate
2. SeoulMate is You

7 comments:

  1. banyak novel bagus ==
    yang mana mau dibeli dulu? hhu

    salam kenal, btw.
    saya udh follow, dinanti folbeknya. hhe

    ReplyDelete
  2. Non Fca, wah seru bgt novel ini, awalnya saya pikir penulisnya orang Korea juga. Boleh tau beli buku ini di mana? Sepertinya minggu lalu saya ke gramedia tidak pernah lihat Seoulmate ini. Thank you :)

    ReplyDelete
  3. @mia: hmm..kayaknya udah di jual deh di toko buku terdekat.gramedia contohnya, soalnya aku belinya juga disana.. :)
    klo tertarik dan gak ketemu sih,bisa pesan lewat penulisnya:
    quavi_baa@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. ceritanya seru banget, nice,,,

    ReplyDelete
  5. sukaaa!!!pengin banget ada lanjutan seoulmate ini..hahahaha

    ReplyDelete
  6. waaahh.... aku pingin baca. udah keluar ebook.a belum ya ?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...