Sunday, January 9, 2011

Summer in Seoul

 
Han Soon Hee aka Sandy adalah gadis blasteran Indonesia-Korea yang tinggal dan kuliah di Korea. Suatu ketika, terjadilah insiden tertukarnya ponsel milik Sandy dengan Park Hyun Shik di mini market yang akhirnya mempertemukannya dengan Jung Tae Woo, seorang penyanyi terkenal di korea yang telah ditunggu-tunggu kehadirannya di publik selama empat tahun. Sandy yang menginginkan ponselnya kembali akhirnya datang ke rumah Jung Tae Woo setelah sebelumnya  diminta Park Hyun Shik,manager Jung Tae Woo untuk datang  sendiri ke rumah penyanyi itu.Dan melalui pertemuan singkat antara Sandy dan Jung Tae Woo  di rumah  itulah, keterlibatan Sandy pun semakin dalam. Jung Tae Woo yang mengalami masalah dengan pemberitaan Gay tentang dirinya di media, akhirnya memutuskan untuk meminta Sandy berfoto sebagai sepasang kekasih dengan dirinya untuk sementara waktu meski mulanya ditanggapi ragu-ragu oleh Sandy.

Semenjak saat itu, Sandy pun berkerjasama dengan Jung Tae woo sebagai kekasih pura-pura. Ia pun lambat laun mengetahui sisi kehidupan dari Jung Tae Woo yang menyenangkan. Laki-laki itu tidak hanya mengingat semua hal yang ia sukai dan mendengar kisah cintanya dengan mantan pacarnya, tapi juga menjadi malaikat penolong dan menenangkannya ketika insiden kebakaran di apartemennya. Sejak saat itu,Sandy  pun akhirnya tinggal sementara waktu di rumah Jung Tae Woo. Selama tinggal disana, Sandy semakin mengenal jauh sosok  pribadi Jung Tae Woo hingga menciptakan perasaan suka tidak hanya terjadi pada diri Sandy tapi juga pada Jung Tae woo.

Hubungan Jung Tae Woo dengan kekasih misteriusnya  yang mulanya berhasil ditutup-tutupi,akhirnya terbongkar juga. Hari itu, tanpa sengaja Sandy mengangkat telepon dari Ibu Jung Tae Woo dan memperkenalkan diri,yang menyebabkan masalah di kemudian hari ketika Ibu Jung Tae Woo menyebutkan nama Sandy pada media.

Media pun akhirnya mengetahui identitas asli Sandy. Mereka yang mulanya hanya memberitakan hubungan cinta Sandy dan Jung Tae Woo pun mulai merambah pada pemberitaan kecelakaan Jung Tae woo beberapa tahun yang lalu. Kecelakaaan tragis  yang menyebabkan kakak Sandy meninggal. Hal ini pun lantas membuat semua orang beranggapan bahwa selama ini  Sandy hanya berniat untuk memanfaatkan Jung Tae woo semata. Hubungan Jung Tae Woo dan Sandy pun sempat merenggang. Namun, Sandy yang merasa pemberitaan itu tidak benar,ia pun segera meluruskan masalah itu. Karena stress, Sandy pun akhirnya pulang ke Indonesia. Dan disaat Sandy memutuskan untuk kembali dan menghadapi rasa cintanya pada Jung Tae Woo, dia mengalami kecelakaan yang menyebabkannya koma. Begitu Jung Tae woo mendengar Sandy kecelakaan Jung Tae Woo segera terbang ke Indonesia dan menemani Sandy  hingga gadis itu tersadar.

Sebenarnya jika Summer in Seoul ini dibilang sangat korea sebenarnya juga tidak begitu. Jika dibandingkan Fate,novel ini menggunakan informasi-informasi standar mengenai Korea contohnya mengenai pusat perbelanjaan di Myeong-dong atau Apgujeong-dong dan beberapa benda-benda khas korea yang sebenarnya merupakan informasi yang bersifat umum. Sebenarnya,novel ini pasti akan jauh lebih baik jika memasukkan unsur Korea  beserta kebudayaannya  yang tidak semua orang tahu mengenai hal itu.

Selain itu, dari segi karakter, aku bisa mengambil kesimpulan bahwa si penulis menciptakan karakter Jung Tae Woo yang diinspirasi dari sosok Kang Ta. Ya, vokalis H.O.T itu lho? Jadi, entah kenapa yang terbayang sosok Jung Tae Woo hampir mirip lah dengan sosok Kang Ta. hehehehe..
Namun,secara keseluruhan Summer in Seoul ini memang sangat menyenangkan. Kisah cinta yang ditawarkan unik,diksinya juga mengalir indah, dan membuat pembaca--khususnya penggemar Dorama Korea--akan mudah mengkonversikannya dengan artis-artis Korea. hmm,,siapa ya?

=================

Judul :Summer in Seoul
Penulis : Ilana Tan
Penerbit :Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @2010
ISBN : 978-979-22-2460-3
Tebal : 280 hal

=================

7 comments:

  1. buanyaaaak banget yang suka sama novel ini.. tapi aku belum dan kayanya ngga bakal baca dalam waktu dekat ini.. hehe

    ReplyDelete
  2. @sapidudunk: iya..banyak yang baca ini novel..jadinya tertarik juga..hehehhehe
    @Penikmat Buku: Iya mbak,seri pertama dari empat seri.

    ReplyDelete
  3. Nonton korea drama sih sering bgt, tp kalo baca novel yg berbau korea gini blm pernah :D dan gak punya koleksinya :D
    sepertinya seru juga ya ceritanya.. :)

    ReplyDelete
  4. Serial ini termasuk salah satu metropop yang saya koleksi no 1-4nya. Bagus! Malah yang setting di paris atau jepang ya, bikin nangis bombay.

    ReplyDelete
  5. Pokoknya novelnya bagus! Bacanya jadi sering nge-fly. Tapi yah itu..... kayak k'drama banget, ada cemburu-berantem gitu"lah heheh pkknya top!!

    ReplyDelete
  6. @miamembaca : Pasti Autumn in Paris! Duuh, sedih banget sih. Aku sih urutan kesukaanya: Paris, London, Seoul, Tokyo :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...