Wednesday, December 22, 2010

Alvin Ho #1: Alergi Pada Anak Perempuan, Sekolah, Dan Hal-Hal Seram Lainnya

Apakah kamu penikmat novel berunsur komikal? Jika iya,novel Alvin Ho karya Lenore look ini bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk dibaca.

Yap, dalam novel ini kita akan diperkenalkan pada tokoh Alvin Ho,anak kelas dua SD berdarah Asia-Amerika yang menggemaskan. Tidak hanya menggemaskan dari segi fisik tapi juga dari unsur kepribadiannya yang penakut terhadap banyak hal, terutama pada sekolah,anak perempuan,dan berbagai hal seram lainnya. 

Namun,semua ketakutan Alvin Ho itu terpaksa harus mulai diatasinya sendiri, ketika libur musim panas usai. Ia terpaksa harus kembali sekolah. Kotak PDK ( peralatan pertolongan pribadi)dan beberapa rencana dari Calvin--kakak laki-lakinya-- untuk mendapatkan  teman  telah dipersiapkan sehari sebelumnya. Hal ini dirasa perlu bagi Alvin Ho,mengingat ia menderita mutisme selektif, ketidakmampuan berbicara terhadap situasi sosial tertentu (misal:guru,teman-teman) kecuali pada orang tua dan saudaranya sendiri. 

Aksi Diam Alvin Ho pun dimulai selama berada disekolah. Ia tidak mampu berbicara sepatah kata pun  dikelas sehingga ia menjadi terabaikan oleh guru maupun teman-teman sebayanya. Beruntungnya ada juga yang akhirnya  mau berkenalan dengannya. Tapi,masalahnya dia adalah Flea,si anak perempuan yang menjadi akar ketakutannya yang lain. Flea tidak hanya mengajaknya untuk duduk sebangku,tetapi juga mengikutinya sampai ke rumah. Meski Alvin Ho telah berulang kali menunjukan sikap ketidaksukaannya terhadap sikap akrab Flea, namun Flea menanggapinya dengan tenang-tenang saja. Tapi, kesabaran Alvin juga ada batasnya. Ia memaki Flea untuk tidak mengganggunya lagi sehingga anak perempuan itu pun kesal dan menangis. Alvin yang sadar terhadap kesalahannya, bersusah payah untuk minta maaf pada Flea. Bagaimanapun juga,Alvin Ho ingat nasehat ayahnya :"Seorang Gentlemen tidak pernah membuat anak perempuan menangis",dan dia menerapkan hal itu pada dirinya sendiri.

Selain berbagi kisah lucu Alvin yang  menghadapi tingkah laku Flea, ada juga kisah Alvin Ho yang berusaha  dengan berbagai cara konyol untuk mendapatkan teman laki-laki. Bahkan untuk melancarkan misi pertemanan ini, ia diam-diam meminjam mainan Johnny Astro milik ayahnya untuk dipamerkan pada teman-teman sekolahnya. Misi itupun ternyata berakhir sukses meski ia harus mendapatkan hukuman dari ayahnya karena mainan itu mengalami kerusakan yang parah.

Secara keseluruhan novel ini memang sangat menghibur. Isi kisahnya yang banyak mengandung  pelajaran dikemas sedemikian rupa oleh penulis sehingga menampilkan sebuah  kisah yang tidak hanya menawarkan  hiburan semata kepada para pembacanya. Tapi dilain sisi, menurutku alurnya terasa datar-datar saja,tanpa adanya tanjakan konflik yang menantang. Hal ini mungkin  karena  bacaan yang diperuntukan utamanya buat kalangan anak-anak dan konflik-konflik seperti yang kumaksud memang tidak dibutuhkan disini. Hmmm..ya sudahlah.

=================

Judul : Alvin Ho:
Penulis : Lenore Look
Penerjemah:Ferry halim
Penerbit :Atria
Terbit : @2008
ISBN : 978-037-583-914-6
Tebal : 176 hal

=================

7 comments:

  1. Buku itu gmana ya..?? Keren gak..??

    Ijin follow ya...

    ReplyDelete
  2. Hehe...memang bacaan anak2 cenderung datar sih. Lumayanlah kadang2 bisa jadi selingan setelah melahap buku2 "berat"

    ReplyDelete
  3. Buku ini cocok buat Shasa sepertinya. BTW, kok harga bukunya gak dicantumin ya..?

    ReplyDelete
  4. Walau suka buku anak2 tapi shasa udah suka baca novel dewasa lho. Negeri 5 menara hampir tamat dia baca... hehehe

    ReplyDelete
  5. Novel yang menarik

    Blognya juga sangat menarik, jarang ada blog yang khusus tentang resensi2 buku
    sepertinya saya akan sering bolak balik ke sini, karena saya penikmat novel

    Salam Kenal Miss-bibliophile ^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...