Thursday, November 4, 2010

Ingo #3: The Deep

Petualangan kakak beradik Sapphire dan Conor di dunia Ingo masih terus berlanjut. Petualangan yang kali ini membawa mereka ke dalam dasar laut yang gelap dan berbahaya untuk membunuh Kraken,sang monster lagendaris dunia Ingo. Kraken telah terbangun akibat simpul ombak yang terlepas beberapa waktu yang lalu dan karena itu mereka ditugaskan untuk menidurkan kembali sang monster selama ribuan tahun meski nyawa mereka yang menjadi taruhannya.

Sebelum menyelamatkan Ingo dari bahaya kraken yang mengancam, Sapphire memutuskan untuk melakukan pertukaran dengan kaum Mer. Meskipun Sapphire tahu ia tidak pantas melakukan pertukaran dalam hal menyelamatkan nyawa kaum Mer,tapi ia tidak ingin membuang kesempatan yang sejak awal sangat diinginkannya. Kesempatan untuk memberikan pilihan pada ayahnya,bebas atau tetap di Ingo selamanya.
Awalnya pertukaran itu tidak disetujui oleh Ervys,makhluk Mer yang merasa bahwa dirinya adalah pemimpin kaum Mer. Tapi mengingat tidak adanya pilihan dan keterbatasan waktu sebelum Kraken menyerang, Ervys setuju. Kaum Mer terutama Saldowr sang penjaga simpul Ombak pun membulatkan suara hingga terciptalah kesepakatan antara Sapphire si gadis kecil campuran dengan kaum Mer.

Setelah kesepakatan terbentuk,perjalanan Sapphire bersama Conor dan juga Faro pun di mulai. Selama perjalanan mereka ke dasar laut, bahaya terus datang menghadang.Tapi hal itu tidak lantas membuat mereka bertiga mundur. Mereka bertekad untuk menuntaskan semua ini dan membuat Ingo kembali aman seperti sedia kala.

Saat membaca novel ini,terkadang aku mengambil jeda waktu untuk berhenti. Bukan karena bosan,tapi lebih pada sensasi 'dunia air'yang ditawarkan dalam novel ini. Bisa dibilang,Helen Dunmore selaku pengarang sangat ahli mengkondisikan pembaca untuk ambil bagian dalam petualangan 'dunia air' ini. Merasakan tekanan air, melihat berbagai hewan laut yang indah sampai yang mengerikan, radar-radar sonar dari hewan laut,hingga gelap gulitanya dasar laut.

Namun, dibalik keistimewaan yang hampir sama seperti seri sebelumnya,aku merasa bahwa klimaksnya yang sudah sangat seru tidak dibarengi dengan bagian akhir yang terkesan biasa-biasa saja. Tapi, aku harap di seri selanjutnya The Crossing of Ingo mendapatkan ending yang lebih memuaskan. Semoga.

=================

Judul : The Deep
Penulis : Helen Dunmore
Penerjemah: Rosemary Kesauly
Penerbit :Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @2010
ISBN : 978-979-22-5259-0
Tebal : 304 hal

=================


Baca juga :
1.Ingo
2.Ingo #2: The Tide Knot
3.Ingo #3: The Deep
4.Ingo#4: The Crossing of Ingo

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...