Sunday, November 14, 2010

Avalon High (SMA Avalon)


Kehidupan anak pasangan dari medievalist,Elaine Harisson atau Ellie yang semula biasa-biasa saja mendadak berubah menyenangkan sejak dirinya bertemu A.William Wagner secara tidak sengaja di Annapolis. Semenjak itu, Ellie menjadi semakin tertarik untuk mencari tahu segala hal tentang Will. Hal ini semakin terbantu karena ternyata mereka berdua berada pada satu sekolah yang sama, SMA Avalon.

Di SMA Avalon, Ellie menjadi semakin sering bertemu dengan Will dan menjalin hubungan pertemanan lebih lanjut dengannya. Tapi, menyadari kenyataan bahwa Will yang populer telah memiliki Jennifer--pacar pirangnya yang cantik--membuat Ellie harus memendam perasaanya dalam-dalam.

Di tengah-tengah kepahitan perasaan Ellie terhadap Will, garis takdir pun berbicara.Will dan Jennifer akhirnya putus. Hubungan mereka kandas setelah Jeniffer ketahuan berhubungan diam-diam dengan Lance, sahabat Will sendiri. Hubungan terlarang itu semula telah diketahui oleh Ellie, tapi ia berusaha untuk menutupinya rapat-rapat agar Will tidak kecewa. Namun pada akhirnya hubungan itu diketahui Will yang dibantu oleh Marco,saudara tiri Will yang memiliki niat terselubung untuk menghancurkan hidup Will.

Ancaman Marco untuk menghancurkan hidup Will  dan ditambah dengan penjelasan dari Mr.Morton jikalau semua yang terjadi pada Ellie dan teman-temannya akibat dari reinkarnasi  kisah Arhur yang legendaris membuat semuanya jadi terasa rumit bagi Ellie. Apa yang sebenarnya terjadi pada mereka?Bagaimana mungkin Ellie bisa mempercayai bahwa kisah klasik Raja Arthur terulang kembali dalam versi kehidupan mereka? Arthur yang bereinkarnasi dalam wujud Will,Guinevere dan Lancelot dalam wujud Jennifer dan Lance,maupun tokoh Jahat Mordred dalam wujud Marco serta dirinya yang disebut-sebut sebagai Elaine of Astolat. Semuanya begitu membingungkan.

Namun, percaya atau tidak mereka harus menyadari bahwa kekuatan cahaya yang dibawa oleh Raja Arthur cepat atau lambat akan dilawan oleh kekuatan kegelapan yang dibawa oleh Mordred. Ellie terus berusaha sekuat tenaga untuk mencari jalan keluar dari situasi pelik ini, menghubung-hubungkan semua untuk mencapai kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi, serta mencegah agar kematian Raja Arthur tidak dapat terulang kembali.

Membaca novel ini aku menemukan keasyikan tersendiri saat mengikuti alur apik yang mengkombinasikan kisah cinta khas remaja dengan kisah klasik si Raja Arthur. Sejujurnya,aku hanya tahu nama kisah ini tetapi belum pernah mengetahui isi kisahnya yang sebenarnya. Jadi,setelah membaca ini sepertinya pengetahuan sejarah klasikku bertambah beberapa persen.hehehe

Oh ya, selain dari sisi menarik yang hampir sama aku dapatkan saat membaca novel-novel karya Meg Cabot yang lainnya, aku juga menemukan beberapa hal yang menganggu seperti tentang SMA Avalon yang tidak dibahas dengan lebih rinci dan kurangnya ketegangan yang tercipta antara Will dan Marco disaat adegan-adegan terakhir. Padahal menurutku, seharusnya akan tercipta adegan pertarungan hebat antara reinkarnasi Raja Arthur dan Mordred. Karena faktanya, dalam novel ini penulis menciptakan orde beruang yang bertujuan untuk menunggu kehadiran dari Raja Arthur setelah sekian lama meninggal. Jadi, adegan terakhir  Raja Arthur yang telah ditunggu-tungu sekian lama itu seharusnya berlangsung spektakuler , kan?.

Dan satu lagi, novel ini akhirnya diangkat ke layar lebar oleh Disney Channel lho!.Tapi menurutku banyak perubahan dibandingkan versi aslinya sehingga membuatku kurang tertarik. Klik disini untuk melihat trailernya. Bagaimana menurutmu?

=================

Judul : Avalon High (SMA Avalon)
Penulis : Meg Cabot
Penerjemah: Caecilia Dian Pratiwi
Penerbit :Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @2010
ISBN : 978-979-22-6237-7
Tebal : 312 hal

=================
*Medievalist: ahli sejarah abad pertengahan


1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...