Sunday, October 17, 2010

Malaikat Jatuh

Malaikat jatuh adalah kumpulan 10 cerita pendek karya penulis peraih Adikarya Ikapi tahun 2006,Clara Ng. Dalam buku ini,Clara menuturkan sisi-sisi dari kedalaman cinta seorang ibu dalam 10 cerita pendek yang digabungkan dengan atmosfer suram yang sangat kental.

Dari sepuluh kisah yang ditawarkan,malaikat Jatuh yang menjadi judul buku ini tergolong kisah favoritku bagiku. Kisah ini menceritakan tentang Beppu,seorang manusia bersayap yang cacat. Sayapnya hanya satu, di sebelah kiri. Ada juga Louissa Manna. Seorang wanita berusia tujuh ratus lima puluh tahun yang telah mengalami beratus siklus kehidupan. Ia harus menyaksikan berpuluh suaminya meninggal, menghantarkan ratusan anak, cucu, dan ribuan sahabat-sahabatnya ke liang kubur, dan kali ini ia bertekad tidak akan menyerahkan putri kecilnya--Mae juga pada maut. Ia ingin Mae abadi sama seperti dirinya dengan cara memakan jantung manusia bersayap. Meskipun untuk itu, ia harus membayar atas semua yang terjadi sesudahnya.

Malaikat Jatuh memang cerpen yang diunggulkan dalam buku ini. Hal ini dilihat dari jumlah halaman yang lebih banyak ketimbang cerpen yang lain,alur cerita yang kuat sehingga pembaca--termasuk aku---dapat terbawa sedih saat membaca cerpen ini.

Selain Malaikat Jatuh ada juga beberapa cerpen favorit lainnya seperti makam yang menceritakan tentang perempuan pengurus rumah penampungan hewan yang ternyata di besarkan oleh seekor kucing hitam. Dalam hal ini, penulis lumayan menyentil persoalan hewan-hewan jalanan yang tidak terurus saat ini dan bagaimana seekor kucingpun mampu bertindak tanduk sebagai seorang ibu yang penyayang bagi anak-anaknya.

Cerpen Lelaba juga tidak kalah menariknya. Kisah ini menitikberatkan pada tokoh Linga,gadis yang akan mendapatkan hadiah dari ibunya pada ulang tahun yang ke 12. Menurutku ini adalah cerpen dengan kisah yang paling suram karena selain atmosfernya yang memang suram, karakter monster laba-laba pun dimasukkan sebagai karakter yang membunuh manusia.

Kemudian, ada juga cerpen Akhir yang menceritakan tentang pembunuhan sadis sebuah keluarga dimana ayah,ibu,dan anak-anaknya harus terbunuh karena lumuran politik oleh orang-orang sekitar mereka.Dalam hal memainkan emosi, cerpen ini menjadi unggulan kedua setelah malaikat jatuh. Cerpen ini mampu menciptakan suasana menegangkan disaat peristiwa pembunuhan terjadi namun juga sangat menyedihkan karena kita harus membacanya melalui sudut pandang seorang anak kecil.

Membaca secara keseluruhan 10 cerpen karya Clara Ng ini membuatku seperti digelandang masuk ke dalam pusaran dongeng yang manis sekaligus suram disaat yang sama.Terbukti melalui kisah dongeng sederhana ibu dan anak yang diuntai melalui kata-kata sastra yang memikat lalu disulam dengan dengan aroma yang 'gelap' melalui pendeskripsian tokoh dan tempat didalamnya.

Akhir kata,bagi yang ingin merasakan sensasi berbeda saat membaca buku kumpulan cerpen, Malaikat jatuh -nya Clara Ng ini bisa menjadi buku pilihan untuk dibaca.

=================

Judul : Malaikat Jatuh
Penulis : Clara Ng
Penerbit :Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @2009
ISBN : 978-979-22-3935-5
Tebal : 167 hal

=================

3 comments:

  1. sip sip, bisa jadi rekmondasi buku kalo ke toko buku nih ya? heheh tapi sayang banget aku sekarang lagi banyak nonton movie ni dudu

    ReplyDelete
  2. udah lama aku punya buku ini, cuman masih juga belum sempat bacanya... jadi pengen segera baca buku yang satu ini

    ReplyDelete
  3. paling suka sama yg judulny malaikat jatuh,, endingny ngena banget di hati

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...