Saturday, October 2, 2010

Asli Atau Plesetan

Hal-hal yang berbau plesetan sudah menjadi trend tersendiri saat ini. Hal ini terbukti dari banyaknya penggunaan kata-kata,gambar,maupun video plesetan di masyarakat yang diambil dari kehidupan sehari-hari,film,sinetron,drama,nyanyi, maupun iklan. Pokoknya banyak deh!
Nah,plesetan ini juga merambah dunia perbukuan lho. Penulis-penulis Indonesia yang memiliki ide-ide gokil dan kreatif biasanya bersatu padu membuat buku plesetan dari hal-hal yang lagi booming di masyarakat pada saat itu(entah ini trik penjualan atau sekedar kesenangan,aku juga tidak tahu).
Oke,kita ambil contoh nih:
1. Ayat-Ayat Cinta

Novel karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan pertama kali tahun 2004 ini, menjadi salah satu novel terlaris di Indonesia dengan rekor cetakan 160 ribu eksemplar selama 3 tahun.Karena kesuksesan inilah,pihak produser film melirik novel ini untuk dijadikan film layar lebar yang juga menuai kesuksesan yang serupa.


2.Twilight

Kisah romantis antara vampir dan manusia karya Stephanie Meyer (sampul:versi Indonesia)ini juga tidak luput menjadi bahan plesetan. Kepopuleran kisah ini juga dibarengi dengan kepopuleran filmnya yang dibintangi aktor dan aktris yang menawan. Tidak heran,buku plesetannya pun akhirnya muncul.



3. Maryamah Karpov

Novel karya anak belitong,Andrea Hirata langsung booming disaat kemunculan novel pertamanya--Laskar Pelangi--di tahun 2005 yang diiringi kemunculan film yang mendapat sambutan baik dari dalam maupun luar negeri.
Dan karena ke boomingan tetralogi Laskar Pelangi inilah akhirnya muncul buku plesetan khusus untuk seri terakhir dari tetralogi Laskar pelangi,Maryamah Karpov.



4. Kick Andy

Siapa sih yang tidak kenal reality show populer Kick Andy? Reality show Indonesia yang tayang di Metro TV ini selalu memberikan tema-tema menarik di tiap episodenya. Karena kesuksesan acara ini, pihak penerbit pun membukukan episode-episode menarik dari acara ini agar masyarakat dapat mengenang sekaligus mengambil manfaat dari kisah- kisah inspiratif di dalamnya.
Dan yang satu ini pun punya buku plesetan tersendiri juga lho.Sekalian meramaikan tentunya...hehe


5. Q and A

Novel Q and A menawarkan pencampuran kisah unik tentang kehidupan bocah asal India dan dan sebuah reality show Amerika yang sangat terkenal didalamnya.
Siapa sangka buah karya Vikas Swarup ini di filmkan dan akhirnya memenangkan 4 Golden Globes dan 8 piala Oscar. Sungguh prestasi yang mengagumkan,bukan?
Tentu saja novel ini punya buku plesetan juga. Tapi, dengan judul yang diplesetkan dari judul filmnya.


Hohohoho...mau yang asli maupun palsu, keduanya punya keunikan tersendiri. Mau kisah yang lebih serius, baca yang asli.Dan buat kamu yang ingin ngakak habis-habisan, yang plesetan juga bisa menjadi pilihan yang menarik . So,let's read it now!!!


4 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...