Saturday, September 18, 2010

Writer's Block..???

Writer's Block adalah suatu keadaan dimana penulis tidak tahu harus menulis apa
Writer's Block atau kebuntuan menulis sangat tidak menyenangkan. Aku pernah mengalaminya ketika mengerjakan tugas sekolah dan sekali lagi itu benar-benar tidak menyenangkan. Tapi, bagaimana kalau ini terjadi pada para penulis profesional Indonesia. Bagaimana ya mereka menghadapi writer's Block ini?




Writer's block? Hm... Kalau aku kena writer's block, hal yang pertama kulakukan adalah istirahat. Take a time out selama beberapa saat untuk menyegarkan pikiran. Biasanya writer's block yang utama buatku itu moodswing sih. Tapi selama break itu, aku nggak boleh lupa dengan apa yang jadi tujuanku saat mulai menulis. Dengan mengingat itu, aku masih tetap punya semangat untuk melanjutkan tulisanku.
(Orizuka-Penulis Summer Breeze,The Truth About Forever,Fate,etc...)

 

http://orizuka.multiply.com/
(image: here)

Kalau writer's block, aku akan mencoba cari inspirasi lebih banyak dengan cara membaca buku-buku sejenis dengan yg aku tulis, browsing di internet,jalan-jalan refreshing, ngobrol sama teman untuk mendapatkan insights baru.
(Ollie-Penulis Burung-burung Kertas,Mengaku Rasul,Inspirasi.net etc..)






http://www.salsabeela.com
(image:here)

KalauWriter's Block menyerang, aku biasanya lari-lari dulu atau browsing di internet. Tapi,alternatif lain yang juga sering aku lakukan seperti coret-coret di kertas saat ide-ide kecil itu muncul. Ini bisa jadi langkah awal untuk membangun cerita utuh kedepannya.

(SittaKarina-PenulisCirca,LukisanHujan,Kencana,Imaji Terindah etc...)


http://www.sittakarina.com/
(image:here)

Aku senang menulis beberapa naskah secara bersamaan. Jadi, kalau aku mengalami kebuntuan menulis, dengan mudah aku akan pindah ke naskah yang lain.
Selain itu,dalam menulis aku senang melompat-lompat dari bagian awal cerita dulu, tengah ataupun akhir cerita. Pokoknya, aku berusaha menuliskan apapun yang ada dikepalaku. Dengan begitu,meskipun sedang buntu aku tetap aktif menulis.
(Karla m Nashar-Penulis From Batavia With Love,Sebelum Cahaya, Tongkat Ajaib Lolita I/II etc...) 
http://karlamnashar.blogdrive.com
(image:here)

Bagaimana denganmu?

@it's time to read interview

2 comments:

  1. hmm, saya pernah ngalamin apa yang disebut writer's block alias buntu itu. terutama ketika pc yang berisi data skripsi dan tulisan2 dicolong maling. huaahh, buntunya lama banget... sampe sekarang jadi belum lulus, hehehe. tapi jangan dibiarin lama-lama, jadi gak produktif.

    ReplyDelete
  2. @Dee:wah ada penulis mampir nih..mksh untuk komentarnya kak :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...