Friday, September 24, 2010

Aerial

Bagi penggemar novel remaja, nama Sitta Karina pasti sudah tidak asing lagi. Penulis yang dikenal melalui karyanya tentang "keluarga Hanafiah" ini telah menghasilkan begitu banyak cerpen maupun novel berkat daya imajinasinya yang tinggi. Dan salah satu karya Sitta Karina yang memenuhi kriteria "imajinasi yang tinggi" itu adalah novel lepasnya yang satu ini, Aerial.

Aerial secara garis besar menceritakan tentang perseteruan antara klan cahaya dan kegelapan yang saling bersebrangan wilayah sejak ratusan tahun yang lalu. Perseteruan itu tercipta berkat ketidakadilan matahari memberikan sinar bagi wilayah masing-masing klan,yang satu disinari matahari sepanjang tahun sedangkan yang satu lagi kebalikannya. Karena itulah perseteruan dalam perebutan wilayah cahaya terjadi antar kedua klan selama lebih dari seratus tahun.

Hingga akhirnya, titik terang dari perseteruan itu mulai muncul ke permukaan ketika Sadira si Putri Matahari jatuh cinta pada Hassya,Pangeran kegelapan melalui pertemuan tidak langsung mereka di Aerial. Hubungan mereka pun di dukung oleh Toireann,sang putra mahkota kegelapan yang ternyata juga menjalin hubungan dengan Isla dari klan cahaya. Putra mahkota sekaligus kakak Hassya ini ingin mewujudkan misi untuk mendamaikan hubungan antara klan cahaya dan kegelapan agar tidak ada lagi perseteruan yang berujung peperangan antara keduanya.

Namun, ternyata misi perdamaian itu tidaklah semudah yang dibayangkan. Adanya segelintir orang terdekat yang berusaha menggagalkan misi ini setahap demi setahap hingga membuat krisis kepercayaan pun terjadi. Krisis yang menyulitkan diri untuk percaya apakah seseorang itu "Teman"ataukah "lawan".

Disaat keadaan serba terjepit oleh banyaknya kemunculan musuh dari berbagai sisi,Putri Antya--adik Sadira---memanggil Linc yang legendaris untuk membantunya mengupayakan keberhasilan misi ini.Dan ternyata jawaban untuk langkah awal yang harus mereka ambil yaitu memanggil dua manusia;Laskar dan Sashika dari dimensi lain untuk membantu Hassya dan Sadira dalam menghimpun kekuatan melawan "musuh yang sebenarnya".

Sejujurnya, kisah ini sangat kompleks dan sangat disayangkan harus dipadatkan dalam novel setebal 319 halaman karena alur kisahnya terkesan terburu-buru. Karena konteks kisahnya menurutku sangat luas jadi seharusnya penulis lebih ekstra jelas penyampaian kisahnya meski hal itu harus memakan banyak halaman sekalipun.
Selain itu yang terasa sekali ketika membaca novel ini adalah karakter Sashika dan Laskar yang terkesan sebagai cameo dalam kisah ini. Seharusnya mereka diberikan ruang untuk mengeksplorkan diri sehingga meski kisah ini mengambil Sadira dan Hassya sebagai karakter utama,mereka tetap mendapatkan porsi penting sebagai karakter yang mendukung proses terciptanya perdamaian antar klan cahaya dan kegelapan.
Mungkin,itu saja yang menjadi sedikit hal yang menganggu dari novel ini dan selebihnya bisa dikatakan menarik baik dari segi kisah dan cara penyampaiannya. Selain itu, dari novel Aerial ini terbukti pembaca akan merasakan imajinasi yang tinggi namun tercipta sangat manis sampai kisah ini berakhir.
=================

Judul : Aerial
Penulis : Sitta Karina
Penerbit :Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @2009
ISBN : 978-979-22-4311-6
Tebal : 319 hal

=================

3 comments:

  1. wah, beda banget ya kayanya sama Hanafiah hanafiah yang biasanya itu.. bikin pengen baca :)
    good review dear :)

    ReplyDelete
  2. jadi kepingin baca :D belom baca nih hehehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...