Friday, August 13, 2010

The Homework Machine

Seringkali PR sekolah yang menjadi tugas wajib bagi para murid terasa begitu menjenuhkan. Hal ini didasarkan pada banyaknya PR yang diberikan atau sulitnya dalam pengerjaan membuat sebagian murid menyatakan opini buruk tentang pentingnya PR bagi mereka. Dan untuk menanggapi persoalan klise ini, Dan Gutman selaku penulis yang sudah lama dikenal di dunia sastra Amerika menerbitkan The Homework Machine yang menjadi salah satu jawaban dari persoalan ini.

Salah satu tokoh utama dalam kisah ini adalah seorang anak kelas 5 yang super genius, Brenton Damagatchi. Ia merupakan tipe anak yang pendiam, kurang bergaul, tapi memiliki otak secemerlang Albert Einsten. Tapi, jangan kira akan bosan terhadap tokoh yang satu ini karena di beberapa plot cerita, pembaca akan dibuat ketawa dengan penemuan ilmiahnya yang aneh-aneh tapi keren.

Disamping itu, ada tiga teman baru yang memasuki lingkup kehidupan Brenton, mereka adalah Sam Dawkins, Kelsey Donnelly, dan Judy Douglass;empat sekawanan yang dijuluki Skuadron D karena nama belakang mereka semua berakhiran D.

Orang-orang sekitar tidak ada yang pernah menyangka sebelumnya bahwa Brenton dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya apalagi membentuk sekawanan Skuadron D. Tapi, mereka juga tidak akan pernah menyangka bahwa dibalik persahabatan mereka ada rahasia tersembunyi mengenai mesin PR yang selama ini memberikan manfaat semu pada nilai akademis mereka.

Awalnya semua terasa menyenangkan bagi Skuadron D untuk menggunakan secara terus menerus mesin PR yang merupakan penemuan cemerlang Brenton. Nilai mereka melesat naik hingga membuat guru maupun keluarga mereka terperangah. Tapi, ternyata tidak selamanya kesenangan dapat mereka rasakan dari mesin itu. Mesin itu mulai menimbulkan masalah bagi mereka berempat dan mereka harus mempertanggungjawabkan baik itu pada sekolah,keluarga, maupun diri mereka sendiri.

Kisah The Homework Machine ini sangat ringan untuk dibaca. Novel setebal 162 halaman ini tidak akan membuat pembaca bosan karena kisahnya yang menyenangkan serta selingan humor di setiap bab. Selain itu,bagi para murid yang mengalami kegelisahan pada PR di sekolah,novel ini sangat layak direkomendasikan. Tapi, seperti kata Dan Gutman untuk pembaca--khususnya para murid:"sebelum membaca buku ini kerjakan dulu PRmu!". Oke.

=================

Judul : The Homework Machine
Penulis : Dan Gutman
Penerjemah: Maria M Lubis
Penerbit : Atria
Terbit : @2010
ISBN : 978-979-024-452-8
Tebal : 162 hal

=================

3 comments:

  1. Hemm its all about books yak?.
    Kalo menurut saya sih yang namanya PR sebenernya bukan beban, tapi alat supaya bisa ngebentuk kebiasaan dan disiplin.

    ReplyDelete
  2. sepertinya buku ini menarik untuk dijadikan kado buat adek saya yang baru masuk SMP :)

    ReplyDelete
  3. wah kamu suka resensi buku ya sis? boleh juga nih kalo bukuku kamu resensi... hehehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...