Thursday, July 1, 2010

Yeneniamuara

Bencana baik besar maupun kecil adalah suatu bentuk realitas yang dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun di dunia ini. Tidak ada yang tahu secara pasti bencana yang akan menimpanya baik tahun depan,bulan ini, ataupun detik ini. Sebuah rahasia kehidupan yang tiada seorangpun yang mengetahuinya.

Namun, Bagaimana jadinya bencana yang seharusnya menjadi rahasia kehidupan itu sudah ada yang mengaturnya? bukan tuhan tapi manusia.

Pertanyaan diatas menjadi inti cerita dari novel fiksi karangan Irvan Wira Adhitya ini. Novel yang menggunakan setting kota Pekanbaru ini,berkisah pada petualangan lima orang remaja yaitu Pino, Dina, Adi, Heni dan Haris yang menegangkan dalam memecahkan teka-teki Yeneniamuara yang di angkat dari mitos Yunani tentang kehidupan. Buku tua yang bercover kupu-kupu berekor panjang itu, ternyata mampu mewujudkan berbagai hal yang diinginkan hanya dengan menuliskan kalimat berpola lengkap didalam kertas kosong di buku itu.

Dihalaman belakang Yeneniamuara juga terdapat misteri kalimat-kalimat berdarah yang bermunculan yang isinya adalah berupa bencana-bencana yang telah atau akan menimpa Indonesia. Karena Pino dan teman-temanya tidak mempercayai hal itu, mereka memutuskan untuk mencari tahu hingga mereka sampai pada sebuah kenyataan bahwa terdapat Yeneniamuara lain yang dipegang oleh Madam Mariana,peramal terkenal yang selama ini mengatur bencana-bencana besar yang terjadi di berbagai kota di Indonesia dengan menggunakan Yeneniamuara miliknya.

Pada akhirnya,ke lima remaja itu harus menyelesaikan misteri ini karena mereka tidak punya pilihan lain, manakala mereka mengetahui bahwa Pekanbaru dan kota-kota lain akan terjadi bencana besar yang disebabkan ulah Madam Mariana. Berpacu dengan waktu, mereka akhirnya terbang ke Jakarta untuk melawan Madam Mariana sebelum bencana yang telah ditulis peramal itu di Yeneniamuara miliknya dapat terwujud.

Novel Yeneniamuara ini mengunakan bahasa yang ringan,humor yang segar, dan disertai ketegangan yang dibangun dengan baik oleh penulisnya. Selain itu, akhir cerita yang tidak diduga-duga dan tambahan ilustrasi yang mendukung sehingga memberikan poin tambahan sebagai novel fiksi Indonesia yang patut untuk dikoleksi.
=================

Judul : Yeneniamuara (arrange your future)
Penulis : Irvan Wira Adhitya
Penerbit : Cermin
Terbit : @2010
ISBN : 978-602-96773-0-0
Tebal : 194 hal

=================

4 comments:

  1. aih pekanbaruuu
    pengen banget ke sana euy >.<

    ReplyDelete
  2. Kunjungan blik kawan...kudu memiliki novel ini buat bacaan...salam kenal n salam persahabatan...follow me back..thnxs

    ReplyDelete
  3. Mampir malam frend...sambil baca2...met berhari minggu n sukses slalu

    ReplyDelete
  4. Itu pengarangnya gay lhooo. Sekarang dia lagi kena masalah sama temen2nya krn akun @faktaselebtwit yang dibuatnya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...