Sunday, July 18, 2010

The Tiger Rising :Sang Harimau

Ingat dengan kisah The Tale of Despereaux atau The Magician's Elephant? yah, itu adalah dua buah dari banyak karya Kate DiCamillo, seorang penulis anak-anak berkebangsaan Amerika yang mengangkat tema-tema menarik di setiap karyanya. Dan kali ini, karya lain Kate DiCamillo yang tidak kalah menariknya untuk dibaca adalah The Tiger Rising.

Kisah ini di mulai dari kehidupan salah satu tokoh utamanya, Rob Horton,anak laki-laki 12 tahun yang tinggal bersama ayahnya di motel tua--Kentucky Star--di Lister, Florida. Ibunya telah lama meninggal. Di sekolah, karena sifat Rob yang pendiam dan penyendiri serta memiliki penyakit lepuh merah di kakinya membuat Rob selalu menjadi bahan ejekan teman-teman sekolahnya. Meski teman-temanya melakukan semua tindakan itu, Rob tidak berusaha melawan ataupun menangis seperti anak-anak pada umumnya.

Dan perlahan-lahan kehidupan suram Rob berubah semenjak kedatangan Sistine Bailey,gadis 12 tahun yang memiliki tempramen meledak-ledak. Sistine yang berwajah angkuh dan senang berkelahi itu, mulai menjalin pertemanan baik dengan Rob. Perasaan bahagia pun mulai dirasakan Rob. Ia sangat nyaman berteman dengan Sistine hingga ia menunjukan semua hal yang menjadi rahasianya termasuk rahasia tentang harimau milik Beauchamp--pemilik motel tempat tinggal Rob--yang dikurung dalam kandang.

Konflik perlahan-lahan muncul ketika Sistine menginginkan agar harimau itu di lepas dari kandangnya. Rob sendiri tidak yakin harimau itu akan dapat bertahan hidup jika dilepaskan hingga ia menolak usulan Sistine. Disinilah persahabatan yang mereka bangun diuji. Mereka harus mengambil keputusan dan disetiap keputusan mengandung konsekuensi besar yang harus mereka terima. Melepas atau tetap mengurung harimau malang itu?

Meski The Tiger Rising dikhususkan untuk bacaan anak-anak, tapi isinya--menurutku--cukup berat. Kisah ini membuat pembaca sedikit berpikir jauh tentang arti dari sebuah rasa kelam dalam diri, berbeda dengan bacaan anak-anak yang simpel dan lebih banyak bahagianya.
Oh ya,buku ini juga mengingatkanku pada persahabatan Jess Aarons dan Leslie Burke di Bridge to Terabithia. Bagi kamu yang suka dengan buku itu, tidak ada salahnya untuk mencoba buku The Tiger Rising ini.

=================

Judul : The Tiger Rising : Sang Harimau
Penulis : Kate DiCamillo
Penerjemah: M Raras Rumanti
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @2005
ISBN : 979-22-1383-X
Tebal : 146 hal

=================

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...