Tuesday, June 22, 2010

Ingo #2: The Tide Knot

Setahun setelah kepergian ayah Sapphire yang menghilang di lautan,Sapphire dan Connor serta ibunya memutuskan untuk pindah ke St Pirans, menjauhi segala kenangan buruk yang terjadi pada mereka selama ini. Roger, pacar ibu mereka juga tinggal tidak jauh dari tempat mereka di St Pirans. Roger juga mencoba mengakrabkan diri dengan Sapphire meski gadis kecil itu tidak menginginkannya .Sapphire tetap tidak menerima kedekatan ibunya dengan Roger karena ia masih memegang keyakinan bahwa ayahnya masih hidup dan bukan menghilang seperti yang selama ini dipercaya masyarakat dan keluarganya.

Dalam penantian panjang Sapphire menemukan ayahnya, ia masih pergi menemui Faro di Ingo dan melewatkan waktu bersamanya. Sedangkan Connor lebih suka untuk mengabaikan panggilan Ingo dengan cara melakukan banyak kegiatan yang menyibukkan. Connor percaya,jika ia menjauhi kekuatan magis Ingo, ia akan terbebas dari marabahaya yang akan menimpanya. Namun, Sapphire sama sekali tidak tahu harus bertindak apa. Ia dihadapkan pada pilihan yang sulit. Apakah ia harus menyerahkan dirinya pada tanah atau pada Ingo?

Pertemuan yang tidak terduga dengan Mathew Trewhella, ayah Sapphire yang selama ini selalu dirindukan keberadaanya terjadi di Senara. Sapphire tidak menyangka ayahnya datang padanya dalam wujud yang tidak terduga sebelumnya--wujud kaum Mer. Syok,kecewa dan kerinduan bercampur aduk dalam benak Sapphire manakala ia kembali mencari tahu keberadaan ayahnya dan mendapati fakta yang harus ia dan keluarganya terima mengenai semua hal yang menimpa ayahnya. Fakta yang sungguh menyakitkan tetapi harus diterima oleh Sapphire dan keluarganya dengan lapang dada.

Di Ingo sendiri juga terjadi kegelisahan yang luar biasa. Simpul ombak yang dijaga Shaldowr, guru bijaksana Ingo, mulai melonggar karena deru ombak yang mulai menguat. Hal ini bisa menjadi bencana bagi Ingo dan juga tanah--khususnya St Pirans--karena ombak besar akan menghancurkan semua yang ada. Bencana yang mulai semakin dekat ini, tanpa diduga membuat Sapphire kembali bertemu dengan ayahnya yang memperingatkan ia dan keluarga agar segera mengungsi ke dataran tinggi karena bencana dari Ingo akan segera datang.

Ternyata bencana yang diramalkan itu pun benar-benar terjadi. Simpul ombak yang sudah dijaga kuat oleh Shaldowr tidak mampu menahan kekuatan ombak yang besar dan membuat St Pirans tenggelam oleh banjir besar yang menerjang wilayah itu. Shaldowr pun memanggil Sapphire,Connor dan teman-teman Ingo mereka untuk membantu menyusun 50 kepingan batu pengunci agar ombak yang menerjang St Pirans kembali surut dan terkunci didalam simpul ombak. Apakah mereka akhirnya berhasil menyusun batu pengunci yang kemungkinan dapat utuh kembali sangatlah kecil?

The Tide Knot sama memikatnya dengan novel yang pertama, Ingo. Pembaca tetap disuguhi dunia bawah laut yang menakjubkan sekaligus misterius namun dengan klimaks yang berbeda. Kisah juga tetap dikemas dengan apik dan ringan sehingga pembaca tidak akan dibuat kebingungan ataupun bosan hingga kisah ini berakhir.

=================

Judul : The Tide Knot
Penulis : Helen Dunmore
Penerjemah: Rosemary Kesauly
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @2009
ISBN : 979-22-4883-8
Tebal : 320 hal

=================


Baca juga :
1.Ingo
2.Ingo #2: The Tide Knot
3.Ingo #3: The Deep
4.Ingo#4: The Crossing of Ingo

8 comments:

  1. hollaaa, salam kenal :)
    makasih udah mampir ke tempat saya. iya, pake verification word karena banyak spam yang masuk.

    btw, blog ini tentang review buku ya mba?

    ReplyDelete
  2. Wahh suka membaca ea?banyak donk koleksi bukunya???

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum...
    salam ukhuwah..

    mampir balik ya.


    thnk
    =======>>>>[[sukses selalu]]<<<<======

    ReplyDelete
  4. sore2 gene blogwaking mbak... heheeh

    ReplyDelete
  5. hello blogwalking back :) salam kenal juga ya. kamu pecinta novel? kalo gitu sama kaya aku dong, kalo ada novel bagus kasih tau aku yaaa hhe

    ReplyDelete
  6. blogwalking!!

    follow back ya sist ^^

    ReplyDelete
  7. ass,...
    salam knal juga...
    makasih udah mau mampir di blog aku..
    :) aku seneng bangett...
    makasih yaa....

    ReplyDelete
  8. blognya bagus
    tukar link dengan blogku donkzz
    http://contoh-askep.blogspot.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...