Tuesday, June 15, 2010

The Society of S


Society of S (Masyarakat S) adalah salah satu karya Susan Hubbard, penulis asal Amerika Serikat yang mengangkat tema vampir dalam karya sastranya yang kelima ini. Walaupun ini adalah sebuah kisah vampir, Susan Hubbard mengemas novel fiksinya dengan sangat menarik dan lebih menonjolkan pada sisi ilmiah kehidupan vampir dalam alur ceritanya.

Tokoh utama dalam novel ini adalah Ariella Montero,gadis 13 tahun yang tinggal dikota kecil bersama dengan ayahnya di Saratoga Springs. Ayahnya,Raphael Montero adalah seorang yang cerdas,terpelajar,tampan,tetapi sangat protektif dalam menjaga Ariella. Selain bersama ayahnya, Ariella juga hidup di kelilingi orang dewasa seperti McGarritt yang merupakan koki masak keluarganya, Dennis dan Mary Ellis Root yang menjadi partner dekat dalam eksperimen di laboratorium ayahnya.

Gaya hidup Ariella jauh berbeda dengan kehidupan anak-anak normal pada umumnya. Ia menjalani program vegetarian yang ketat,berkutat setiap hari dengan pelajaran sains dan seni klasik dirumahnya, meminum tonik dan checkup darah secara berkala,dan jauh dari sosialisasi dengan anak sebayanya. Awalnya ia tidak cukup peduli, namun akhirnya ia menyadari perbedaan ini setelah ia menjalin pertemanan dengan Kathleen dan Michael,teman-teman barunya dari keluarga McGarritt.

Kisah terus berlanjut dengan fakta yang terus terungkap mengenai jati diri Ariella. Meski dengan proses yang cukup panjang,ia akhirnya mengetahui bahwa dirinya adalah seorang vampir setengah manusia. Sara Stephenson,Ibunya yang menghilang sejak kelahiranya adalah seorang manusia yang menikah dengan ayahnya yang seorang vampir. Ariella pun memutuskan untuk mencari ibunya dengan bermodalkan nekad dan sedikit petunjuk yang dimilikinya . Sedangkan,sepeninggal Ariella dalam mencari ibunya, ayahnya "meninggal" dan berganti nama menjadi Arthur Gordon Pym. Wah..kenapa ya?

Pada bagian akhir, karakter tokoh yang semula tidak diperhitungkan muncul menjadi dalang dari segala hal yang menimpa kehidupan Ariella. Dialah Malcolm,sahabat ayah Ariella sekaligus yang membuat ayah Ariella berubah menjadi vampir. Tidak hanya itu, ternyata Malcolm yang membuat ayah dan ibu Ariella berpisah karena ia selama ini menyukai Raphael,ayah Ariella. (vampir ada yang homo toh..)

Mengenai arti kata Masyarakat S yang menjadi judul dari novel ini diambil dari kata Sanguinis, salah satu golongan vampir yang mengutamakan keselarasan hidup bersama manusia. Vampir masyarakat S juga tidak meminum darah manusia,tetapi menggantikanya dengan suplemen khusus untuk mempertahankan kelangsungan hidup mereka. Suplemen ini didistribusikan dengan sangat rahasia dan tertutup sehingga jejak komunitas mereka tidak terdeteksi oleh manusia manapun.

Secara keseluruhan ini merupakan bacaan yang menarik,tetapi ada satu hal yang cukup mengangguku saat membaca novel ini yaitu mengenai sudut pandang tokoh utamanya. Aku merasa Ariella  tidak tampak seperti gadis berusia 13 tahun karena argumen serta pemikiran bagi gadis seusianya tidak cocok melalui ungkapan kata yang disusun begitu rumit oleh sang pengarang. Terlalu dewasa,begitulah istilah tepatnya yang bisa kusebut.Yah,hal-hal kecil bisa jadi sangat menganggu bagi pembacanya (spt aku wink). Kisah Ariella terus berlanjut di novel The Year of Dissappearances.

=================

Judul : The Society of S
Penulis : Susan Hubbard
Penerjemah: Gita Yuliani K
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @2009
ISBN : 979-22-4778-5
Tebal : 392 hal
=================


5 comments:

  1. wah..kayanya vampir sedang jadi trend 2009-2010 yaa..:)

    ReplyDelete
  2. sepertinya ini adalah salah 1 buku yang gak bakal aku baca...
    hehehehehe

    *soalnya uda stress duluan liat tebelnya*
    hehehehe

    ReplyDelete
  3. hm.... jd penasaran..... beli jgn yah?? hehehe..

    ReplyDelete
  4. Bukunya isinya kurang penting dan biasa banget. Lebih bagus The Twilight saga.

    ReplyDelete
  5. ih bagusan the society, soalnya banyak pelajaran yang kita dapetin dari situ

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...