Friday, June 18, 2010

The Divine Message of The DNA : Tuhan Dalam Gen Kita


Awalnya,aku kurang tertarik pada buku ini karena aku mengira pasti isinya sangat rumit (spt buku-buku teks gen milik kakakku itu). Tapi, setelah aku mencoba membaca sekilas pembukaan buku ini, hasilnya aku langsung tertarik untuk terus membacanya karena bahasa dalam buku ini lugas dan lumayan ringan untuk sebuah bacaan yang berbau medis.

Dalam buku ini pembaca akan dihadapkan pada asumsi salah yang selama ini diyakini masyarakat dalam penentuan kemampuan manusia. Dimana selama ini masyarakat sangat percaya bahwa anak yang lahir dari gen orang tua yang memiliki kemampuan dalam bermusik akan diberkahi dengan kemampuan yang sama. Padahal menurut Kazuo Murakami yang bertindak sebagai ahli genetik dan penulis buku ini bahwa asumsi seperti itu sepenuhnya salah. Ia menegaskan manusia yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang apapun adalah manusia yang mampu mengaktifkan gen dorman (tidak aktif) miliknya menjadi aktif sepenuhnya. Jadi,menurut Murakami jika manusia tersebut memang tidak mampu mengaktifkan gen positif dalam dirinya, meskipun orang tuanya memiliki kemampuan dalam bermusik sekalipun, hal itu tidak lantas menjadikan dirinya juga memiliki kemampuan bermusik yang sama.

Selain itu,pribahasa terkenal dari Jepang yang mengatakan bahwa "penyakit datang dari Pikiran" itu memang benar adanya. Murakami membuktikan dalam riset yang panjang bahwa sebuah pemikiran sangat mempengaruhi cara kerja gen,dan hal ini dapat membawa dampak postif berupa kesehatan ataupun dampak negatif berupa penyakit. Seperti contohnya pasien diabetes yang selalu berpikiran positif dan berkeyakinan bahwa ia akan sembuh dari penyakitnya akan lebih memiliki peluang untuk benar-benar sembuh dari penyakitnya dibanding dengan orang yang berpikiran negatif dan memasrahkan penyakitnya pada takdir.

Secara garis besar selain lingkungan,cara berpikir, ada aspek lain yang dikemukakan secara gamblang oleh Murakami yaitu aspek spritual. Ia meyakini bahwa gen yang merupakan sebuah cetak biru kehidupan yang begitu mengagumkan itu tidaklah datang secara tiba-tiba tetapi karena adanya kuasa besar dari Tuhan. Oleh karena itu, sikap untuk senantiasa bersyukur pada apa yang telah kita dapatkan adalah bentuk dari pengaktifan mekanisme nyala padamnya gen positif yang mengantarkan manusia pada sebuah kemampuan berupa potensi luar biasa yang selama ini terpendam dalam diri manusia.

=================

Judul : The Divine Message of The DNA ; Tuhan Dalam Gen Kita
Penulis : Kazuo Murakami Ph.D
Penerbit : Mizan
Terbit : @2007
ISBN : 979-433-454-2
Tebal : 200 hal

=================

1 comment:

  1. Wah, benarkah?jadi gen sama sekali g ada hubungannya dengan kemampuan seseorang?jadi tertarik pingin baca.

    Tapi, apa faktor yang mengaktifkan gen dorman itu?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...