Wednesday, May 12, 2010

Ingo


Hal yang harus kamu ingat tentang Ingo, " Memikat namun berbahaya".
Dunia Ingo adalah dunia yang akan membawamu ke tempat yang paling memikat di dasar laut yang gelap. Kamu akan menghabiskan seluruh waktumu untuk Ingo dan membuatmu melupakan apapun,termasuk keluargamu sendiri.

Sapphire tidak menyangka ia akan merasakan dunia Ingo yang misterius itu. Bermula dari pencariannya untuk menemukan Mathew Trewhella, ayahnya yang menghilang selama setahun setelah berlayar di tengah lautan,tanpa kabar dan jejak sedikitpun. Namun, Sapphire yakin ayahnya masih hidup dan itu membuatnya tidak berhenti untuk berharap dan berusaha mencari cara untuk menemukan ayahnya sekalipun ia harus berkenalan dengan dunia Ingo.

Ada kisah terkenal yang mewarnai cerita ini yaitu tentang Putri Zennor yang jatuh cinta pada manusia dan membawa manusia itu untuk masuk ke dalam lautan bersamanya. Kisah ini diceritakan turun temurun dan perlahan mulai dipahami secara jelas oleh Sapphire bahwa itu bukan sekedar kisah belaka, tetapi kisah leluhur yang membuat dirinya memiliki hubungan khusus dengan dunia Ingo. Sekelumit fakta-fakta baru yang bermunculan semakin meyakinkan Sapphire kalau ia adalah manusia yang memiliki darah setengah Mer-darah yang dimiliki kaum Ingo, yang diturunkan dari manusia yang dibawa oleh Putri Zennor ke lautan.

Buku yang dituturkan dari pandangan Sapphire ini,berhasil membawa pembaca menyelam ke dasar laut terdalam untuk bertemu langsung dengan berbagai macam hewan laut dari kecil hingga besar dan tumbuhan cantik yang hidup di lautan. Selain itu, Helen Dunmore selaku penulis juga sedikit memasukkan beberapa sentilan terhadap sikap keserakahan manusia yang menyebabkan habitat kehidupan hewan dan tumbuhan di laut saat ini banyak yang rusak.

Di tengah cerita, pembaca disuguhi klimaks yang menegangkan saat Sapphire dan kakaknya Connor menempuh bahaya di Ingo untuk menyelamatkan para penyelam dari keganasan anjing laut yang setia menjaga Limina, tempat diadakan eksplorasi laut oleh para penyelam. Meski enggan, Faro dan kakaknya Elvira yang merupakan kaum Mer, turut serta membantu usaha penyelamatan tersebut karena mereka kagum pada tindakan tulus kedua kakak beradik itu untuk menolong sesama manusia.

=================

Judul : Ingo
Penulis : Helen Dunmore
Penerjemah: Rosemary Kesauly
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @ 2009
ISBN : 979-22-4670-3
Tebal : 308 hal

=================


Baca juga :
1.Ingo
2.Ingo #2: The Tide Knot
3.Ingo #3: The Deep
4.Ingo#4: The Crossing of Ingo

3 comments:

  1. Hai salam kenal..., blognya bagus..
    Anak mana??
    Kunjungan balik ya..

    ReplyDelete
  2. salah satu yang masuk ke daftar buku yang harus dibaca. cuma serial sih, beli satu harus beli semua.. jadi tunggu dulu kondisi keuangan membaik, hehe.. :)

    ReplyDelete
  3. kayanya.kereenn

    setuju ma si dela: novel serial, jadinya harus nuggu kondisi keuangan membaik dulu, hehehe

    salam kenal
    bogmu aku follow, and ijin ngeblogroll..

    keep blogging and keep reviewing!! yahuuu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...