Saturday, May 15, 2010

The Hunger Games



The Hunger Games adalah karya sastra dari Suzanne Collins yang meraih penghargaan Publishers Weekly's Best books of the Year dan New York Times Notable Children's Book of 2008. Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan Suzanne meramu kisah tentang pertarungan hidup dan mati dan peradaban yang 'sakit' menjadi sebuah kisah yang menakjubkan.

Kisah bermula pada sebuah negara yang berdiri diatas reruntuhan Amerika Utara setelah terjadinya berbagai malapetaka yang menerjang wilayah itu. Negara itu bernama Panem dengan Capitol sebagai ibukotanya. Diluar Capitol terdapat 13 distrik yang memiliki peradaban dan kualitas kehidupan yang jauh berbeda dengan Capitol. Akibat pemberontakan dari distrik 13 menyebabkan Capitol membumihanguskan distrik tersebut dan mengikat 12 distrik lainnya dalam sebuah ajang pembunuhan The Hunger Games sebagai alat perdamaian setelah terjadinya pemberontakan itu. Setiap tahun, 12 distrik yang memiliki ciri khas masing-masing diharuskan mengirimkan seorang anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi peserta The Hunger Games yang bertujuan untuk saling membunuh satu sama lain hingga akhirnya tersisa satu pemenang yang mampu bertahan hidup dan mendapatkan hadiah melimpah dari Capitol.

Tidak pernah terbayangkan oleh Katniss Everdeen, gadis 16 tahun yang memiliki keahlian berburu dan memanah ini, bahwa akhirnya ia menjadi peserta The Hungger Games dari Distrik 12 bersama dengan Peeta Mellark setelah mengajukan diri menggantikan Prim, adik perempuannya. Ia harus bertarung bersama 22 peserta lainya untuk bertahan hidup meski ia juga tidak punya pilihan selain harus membunuh Peeta dari distriknya sendiri.

Sebagai penulis, Suzanne Collins mampu membawa pembaca pada sebuah peradaban 'sakit' di Capitol. Dimana tidak seorangpun yang begitu peduli dengan nyawa para peserta The Hungger Games hanya demi kepuasan penonton dalam sebuah panggung hiburan. Sebelum bertarung,para peserta The Hungger Games didandani dan diwawancarai seperti layaknya selebritas dalam sebuah Reality Show yang bertujuan menarik minat para sponsor sebelum kematian menjemput mereka.

Setiap plot-plot cerita yang terus bergulir memberikan letupan-letupan ketegangan yang bertubi-tubi pada para pembaca. Ketegangan yang bergulir dari arena pembunuhan hingga kisah asmara antara Katniss dan Peeta menjadi suguhan menarik dari novel ini. Novel yang sayang untuk dilewatkan.

=================

Judul : The Hunger Games
Penulis : Suzanne Collins
Penerjemah: Hetih Rusli
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @ 2009
ISBN : 978-979-22-5075-6
Tebal : 408 hal

=================

Baca juga:

3 comments:

  1. waaa.. baguskah?? jadi penasaran ni baca reviewmu.. hmm.. kayanya ngeri juga ceritanya..
    eniwei, review yang bagus miss refica! :)

    ReplyDelete
  2. reviewnya bagus yaahh...jadi pengen baca novelnya!

    ReplyDelete
  3. blogwalking...
    kamu suka baca ya? wow...
    hehehe....
    aku follow ya, salam kenal :))

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...