Friday, April 30, 2010

Venus : Duka Lara Si Anak Cantik


Aku mulai mengenal Torey Hayden setelah membaca dwilogi Sheila (Qanita) beberapa bulan yang lalu. KETAGIHAN .Itu yang kurasakan saat menyelesaikan novel kedua sekaligus terakhir dari kisah Sheila. Karena itu, aku mencari-cari novel-novel sejenis karyanya dan pilihan selanjutnya jatuh pada Venus: Duka Lara Si Anak Cantik. Novel ini tergolong novel lama sehingga tidak mengherankan kalau akhirnya kata " Stock Habis" menjadi kata yang selalu kudengar dari toko buku di kotaku. Uh!! Tapi, akhirnya aku berhasil juga mendapatkan novel ini dari kakakku. Yippiieee...

Ini adalah kisah nyata dari lika-liku perjuangan Torey Hayden sebagai guru yang mengajar siswa-siswi berkebutuhan khusus. Kali ini, Torey menghadapi kasus anak berkulit hitam yang tidak responsif dan dia adalah Venus. Gadis kecil itu tidak sedikitpun berbicara ataupun menatap lawan bicaranya. Dia hanya diam dan membuat Venus harus selalu di tuntun oleh Torey dengan ekstra sabar saat mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Namun, sesekali Venus bisa melakukan perlawanan secara brutal terhadap teman sekelas yang menggangunya dan membuat dirinya mendapat peringatan keras dari sekolah.

Banyak cerita pahit yang membuat Venus bertindak seperti itu. Ia hidup dalam keluarga besar yang miskin dan berada di lingkungan kumuh. Ia juga di ketahui sebagai anak kandung dari Wanda, kakaknya yang mengalami keterbelakangan mental. Ibu tirinya yang berusaha mencari nafkah kerap menyiksa Venus secara fisik dan tidak terlalu peduli dengan keadaan Venus maupun anak-anaknya yang lain.

Di sekolah,Torey tidak menyerah melakukan pendekatan intens pada Venus agar gadis itu mau berinteraksi. Pada setiap jam istirahat, Torey menghabiskan waktu berdua dengan Venus untuk membaca buku-buku cerita hingga akhirnya Venus mulai menaruh minat pada tokoh komik She-Ra. Usaha Torey mulai membuahkan hasil karena Venus mulai sedikit demi sedikit merespon setiap tindakanya meski tergolong minim.

Cerita tidak hanya terpusat pada Torey dan Venus, namun juga pada kisah beragam lainya seperti antara Torey dan asistenya Julia yang menghadapi konflik rumit, dan yang datang dari murid Torey yang menjadi teman sekelas Venus. Ada Billy, anak yang bertempramen meledak-ledak dan suka berbicara lancang;Jesse, menderita sindrom Tourette yang menyebabkan dia mengalami kontraksi otot-otot yang berulang dan tidak terkendali serta menjadi anak yang memiliki sifat obsesif membereskan barang-barang; si kembar Shane dan Zane yang memiliki keterbelakangan di bidang akademis dan sulit untuk berkonsentrasi; Alice yang sibuk berbicara dengan tangan kanannya; dan murid baru Gwennie yang sibuk dengan kecintaannya terhadap negara-negara di dunia. Kelas Torey yang penuh dengan anak-anak beragam kasus tidak membuat Torey lantas menyerah menghadapi tingkah mereka semua. Torey menanamkan rasa cinta dan kebersamaan pada murid-muridnya sehingga mereka semua menyayangi dan mencintai Torey.

=================

Judul :Venus: Duka Lara Si Anak Cantik
Penulis : Torey Hayden
Penerjemah: Ary Nilandari
Penerbit : Qanita
Terbit : @2004
ISBN : 979-3269-14-6
Tebal : 610 hal

================

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...