Sunday, April 18, 2010

The Secret Garden

Ini adalah sebuah kisah klasik tentang persahabatan tiga anak di Misselthwaite Manor, Yorkshire,London.Persahabatan yang dibangun dari sebuah taman rahasia yang menakjubkan dan menebarkan kegembiraan di sekelilingnya.

Salah satu dari tiga anak itu adalah Mary Lennox ,gadis keturunan inggris yang lahir di India ini memiliki kulit wajah kekuningan dan bertubuh kurus. Ia dilahirkan dari keluarga kaya di India sehingga menyebabkan dirinya menjadi anak yang manja karena ia dilayani setiap hari oleh ayah-nya (ayah: sebutan pengasuh di India).

Mary tumbuh besar dalam asuhan kedua orang tua yang tidak begitu mempedulikanya dan selalu membiarkan dirinya bermain seorang diri. Di saat wabah kolera yang menjangkit, tidak ada satupun yang mempedulikan keberadaan gadis kecil itu. Dan Semenjak saat itu,Mary Lennox pun menjadi anak yatim piatu dan dikirim ke Misselthwaite Manor untuk diasuh pamannya, Mr. Archibald Craven.

Prilaku Marry Lennox perlahan-lahan berubah menjadi lebih baik sejak ia tinggal di rumah Mr. Craven. Di kebun rumah Mr.Craven,Mary pun menemukan taman rahasia yang telah terkunci selama 10 tahun berkat jasa burung robin. Hal yang menarik di bagian ini adalah bagaimana penulis mampu mendeskripsikan setiap detail keindahan taman rahasia sehingga pembaca seakan menyaksikan sendiri isi dan tiap-tiap sudut taman itu.

Selain itu, Mary juga bertemu Dickon, anak laki-laki berumur 12 tahun yang menyayangi binatang dan sangat dekat dengan alam. Dan terakhir, ia tidak sengaja bertemu Colin Craven, sepupu Mary yang bermata kelabu dan berambut ikal yang nantinya menjadi pelengkap dari anggota pelindung taman rahasia.

Novel setebal 460 halaman ini tidak menjadikan aku bosan membacanya. Isinya sangat menarik dan mengandung nilai-nilai moral yang menyentuh serta membawaku ketempat-tempat eksotis di Misselthwaite. Patut dibaca!!

=================

Judul : The Secret Garden
Penulis : Frances Hodgson Burnett
Penerjemah: Barokah Ruziati
Penerbit :Gramedia Pustaka Utama
Terbit : @2009
ISBN : 978-602-8579-10-0
Tebal : 320 hal

=================


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...